Kenali Tanda-Tanda Datangnya Penyakit dari Kondisi Kaki

Ilustrasi Keram - Reuters
16 Januari 2019 22:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Untuk memantau kesehatan dan kemungkinan tentang penyakit yang diderita, ada beberapa orang yang rutin melakukan general check up yang harganya tidak murah. Namun, ternyata kaki Anda bisa mengungkapkan kesehatan dengan mata telanjang!

Melansir dari Readers Digest, Rabu (16/1/2019), kaki mampu mengungkapkan apakah Anda memiliki penyakit serius atau tidak. Penyakit serius seperti diabetes, tiroid, jantung dan sebagainya. Tanpa menggunakan peralatan yang khusus Anda bisa melihat langsung bagaimana tanda-tanda penyakit serius ada di tubuh hanya dengan mata telanjang.

Muak dengan nyeri sendi? Hilangkan nyeri selamanya dalam 7 hari. Cukup pakai..Muak dengan nyeri sendi? Hilangkan nyeri selamanya dalam 7 hari. Cukup pakai..Makhluk ini memakan organ dalamku selama 5 tahun...Makhluk ini memakan organ dalamku selama 5 tahun...Oleskan 3 tetes di keriputmu tiap pagi dan kulitmu akan mulus seperti bayiOleskan 3 tetes di keriputmu tiap pagi dan kulitmu akan mulus seperti bayi

Penasaran? Inilah 5 penyakit yang dapat diungkapkan melalui kondisi kaki Anda!

1. Kaki bersisik dan kering

Biasanya dengan kaki kering atau kaki bersisik bisa jadi Anda terkena masalah tiroid. Dengan adanya kelenjar trioid, ternyata bisa mengontrol laju metabolisme dan tekanan darah sehingga menyebabkan kekeringan parah pada kulit. Seorang dokter spesialis kaki di Naperville mengatakan, apabila ada keretakan dan kekeringan yang sudah berhari-hari, biasanya langsung dirujuk ke dokter utama untuk memastikan tiroidnya. Selain kering, kuku rapuh juga menandakan komplikasi tiroid.

2. Jari kaki botak

Jika bulu pada jari-jari Anda tiba-tiba menghilang, itu bisa menandakan sirkulasi darah pada tubuh sangat buruk. Biasanya disebabkan oleh penyakit arteri perifer. Tidak hanya pada bulu kaki, pertanda lain kalau Anda mengalami penyakit ini adalah semakin tipisnya kulit.

3. Bisul yang tak kunjung sembuh pada kaki

Jika ada bisul yang tak kunjung sumbuh bisa jadi Anda mengalami penyakit diabetes. Kadar glukosa yang tidak terkontrol dapat merusak saraf dan menyebabkan sirkulasi yang buruk sehingga darah tidak mencapai kaki. Oleh karena itu, luka atau lecet pada kaki tak akan sembuh dengan baik.

4. Jari kaki yang besar dan menyakitkan

Jangan makan steak terlalu sering dan minum anggur, karena dapat menyebabkan asam urat. Asam urat sejenis radang sendi yang biasanya menyerang sendi jempol kaki. Di dalam daging atau anggur terdapat senyawa kimia bernama purin yang memicu asam urat pada tubuh.

5. Clubbing finger

Clubbing finger adalah kelainan pada jari dan kuku yang menjadikan jari kaki membulat dan membengkak. Jika Anda mengalami hal ini, biasanya dikaitkan dengan penyakit serius seperti, kanker paru, penyakit jantung, dan penyakit usus. Kanker paru dan penyakit jantung menurunkan resistensi pembuluh oleh karena itu jari kaki Anda bisa berbentuk bulat dan membengkak.

Sumber : Okezone.com/Readers Digest