Mari Cermat Mengelola Keuangan agar Tidak Bikin Stres

Ilustrasi menabung - Istimewa
17 Januari 2019 11:35 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dalam mengelola keuangan pasti disertai unsur psikologis dan emosional. Sebagian besar orang rentan stres gara-gara persoalan keuangan. Bukan saja masalah keuangan, tetapi juga kebiasaan mengelola keuangan sehari-hari.

Salah satu bagian manajemen keuangan yang bikin banyak orang stres adalah ketika mengelola pengeluaran. Banyak orang stres dalam memikirkan kebiasaan boros, penghematan, menabung, mengeluarkan dana untuk kehidupan, dan sebagainya.

Itulah sebabnya, Anda perlu mengelola kebiasaan pengeluaran dengan tepat. Berikut caranya dilansir Inc.

1. Jangan lupa menabung

Anda perlu menghitung jumlah tabungan dan utang Anda. Secara khusus, utang sangat mempengaruhi tingkat stres seseorang. Itulah sebabnya ketimbang berutang, Anda lebih baik menabung. Hal ini akan mengurangi tingkat kecemasan Anda terhadap tagihan-tagihan utang yang setiap bulan mendera.

2. Jangan belanja secara impulsif

Apakah Anda sering tergoda untuk membelanjakan uang Anda terhadap barang yang tidak perlu? Atau Anda tergiur dengan benda promosi yang ditawarkan ketika berbelanja online? Hentikanlah kebiasaan ini.

Belanja secara impulsif tanpa perencanaan akan menimbulkan perasaan emosional seperti merasa bersalah, malu, dan menyesal. Hal ini dapat berdampak negatif bagi ketenangan jiwa Anda. 

3. Membeli pengalaman ketimbang benda

Banyak studi yang membuktikan bahwa orang lebih bahagia ketika membeli pengalaman dari pada membeli barang. Contohnya, orang lebih senang menghabiskan uangnya dengan berlibur daripada membeli barang furnitur baru. Daya pikat terhadap barang mudah luntur, tetapi pengalaman dapat tersimpan sepanjang usia.

4. Hemat untuk hal-hal yang tidak perlu

Anda perlu berhemat untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Sebaliknya jangan terlalu keras terhadap diri Anda dengan berhemat untuk hal-hal yang menurut Anda penting. Misalnya, Anda memaksa diri untuk menghemat sekian rupiah untuk makanan yang Anda tidak sukai. Hal ini hanya akan membuat Anda semakin stres.

5. Jangan salah membelanjakan uang

Kalau Anda membelanjakan uang dengan cara yang salah, stres pasti meningkat. Oleh sebab itu, buatlah aturan kebiasaan belanja atau anggaran belanja yang bertanggung jawab untuk diri sendiri. Jangan sampai kebiasaan buruk Anda dalam mengelola uang membuat Anda sulit bangkit dari kegagalan keuangan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia