Tak Sempat ke Gym, Ini Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Beraktivitas Sehari-Hari

Tari zumba - Istimewa
17 Januari 2019 21:17 WIB Eva Rianti Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Untuk menjaga kesehatan, tubuh perlu kegiatan olahraga. Namun, orang perlu paham tentang waktu olahraga yang dibutuhkan oleh tubuh agar kesehatan dan kebugaran tetap terjaga.  

Berdasarkan informasi dari Abc.net.au, beberapa ahli mengungkapkan bahwa kemungkinan seseorang mendapatkan hasil kesehatan yang baik tanpa menghabiskan banyak waktu di setiap harinya untuk berolahraga.

Para ahli menyarankan akumulasi aktivitas fisik dengan intensitas sedang mencapai 150—300 menit atau 2,5 jam. Sementara aktivitas fisik dengan intensitas kuat dibutuhkan waktu olahraga selama 75—150 menit atau 1,5 jam di setiap minggu untuk tetap sehat.

Para ahli juga merekomendasikan melakukan penguatan otot, setidaknya dua hari pada setiap minggunya. Di samping itu juga perlu komitmen meminimalkan jumlah waktu yang dihabiskan untuk duduk. Sebagai catatan, pedoman ini berlaku untuk orang dewasa berusia 18—64 tahun.

“Berjalan dari tempat kerja adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan karena itu menjadi rutinitas bagi hari-hari Anda,” kata Profesor Wendy Brown dari Universitas Queensland yang mengarahkan pedoman tersebut.

Tak melulu berjalan kaki ataupun berlari, kegiatan olahraga bisa dilakukan dengan beragam hal yang menyenangkan bagi Anda. Misalnya mengendarai sepeda atau hiking bersama teman.

Sementara itu, Profesor Timothy Olds dari Universitas Australia Selatan mengungkapkan bahwa jika Anda sudah memiliki alat pengukur langkah dan bertujuan untuk 10.000 langkah per hari, Anda mungkin sudah mencapai target latihan minimum.

“Dalam 30 menit, Anda mungkin akan melakukan 3.000 langkah, dan dari 10.000 langkah, mungkin 4.000 di antaranya adalah apa yang kita sebut langkah latar belakang, seperti langkah-langkah yang Anda ambil di sekitar rumah,” katanya.

Timothy Fairchild, seorang ahli fisiologi olahraga terakreditasi sekaligus peneliti dari Sekolah Psikologi dan Ilmu Latihan Universitas Murdoch setuju dengan hal itu.

“Jika seseorang mencapai 10.000 langkah sehari, maka saya akan menebak bahwa mereka akan mencapai jumlah minimum target aktivitas fisik mereka,” ungkapnya.

Sumber : Bisnis.com