Advertisement

Jujur pada Diri Sendiri Itu Penting, Tapi Ingat Jangan Malah Ragu

Tika Anggreni Purba
Rabu, 06 Februari 2019 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Jujur pada Diri Sendiri Itu Penting, Tapi Ingat Jangan Malah Ragu Ilustrasi - Kritik diri sendiri. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jujur kepada diri sendiri merupakan hal yang penting. Akan tetapi, dengan alasan jujur terhadap diri sendiri, orang sering kali mengkritik dirinya secara negatif. Akibatnya, manusia sering meragukan dirinya sendiri untuk melakukan hal-hal yang baik.

Terlalu sering mengkritik diri justru dapat membuat kita menjadi seorang pecundang. Apabila kita sering mengkritik diri sendiri dengan cara yang tidak tepat, kita akan selalu ragu akan diri sendiri. Kritik diri boleh-boleh saja, asalkan dilakukan dengan jujur melalui evaluasi kekuatan dan kelemahan diri secara seimbang.

Advertisement

Oleh sebab itu alangkah baiknya untuk berhenti mengkritik diri sendiri dengan cara yang terlalu keras. Berikut ini beberapa caranya dilansir Psychology Today:

1. Membicarakan hal yang positif kepada diri sendiri

Untuk mengatasi suara-suara kritik dalam diri, Anda bisa memulai dengan selalu membicarakan hal yang positif pada diri sendiri. Ketimbang selalu mengkritik kelemahan diri sendiri, lebih baik mengungkapkan hal-hal positif yang memotivasi diri.

2. Berbicara pada diri sendiri di depan cermin

Membicarakan hal yang positif di depan kaca dapat menolong Anda untuk langsung berbicara pada diri sendiri. Cobalah untuk menemukan sesuatu hal yang baru dari diri sendiri yang Anda sukai setiap hari.

Sebelum memulai hari, berbicaralah di depan cermin dan katakan: “Saya suka rambut baru saya,” atau “Saya suka tatapan matamu,” kepada diri sendiri

3. Lakukan apa yang dikatakan

Makin sering kita menggunakan kalimat yang positif terhadap diri sendiri, kita akan semakin percaya diri. Kalimat-kalimat penyemangat tersebut dapat menjadi mantra yang memotivasi kita setiap waktu. Biasanya, kalimat positif itu juga akan tergambar melalui perilaku dan kebiasaan kita sehari-hari.

4. Mencari dukungan dari orang lain

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang akan selalu mendukung mimpi-mimpi Anda. Berpartisipasilah dengan komunitas yang dapat menolong, mendukung, dan mengerti apa yang menjadi kebutuhan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Budayawan di Jogja Dilibatkan Pembuatan Maskot Pilkada 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

WhatsApp Bocor, Israel Dikabarkan Gunakan Data untuk Serang Rumah Warga Palestina

News
| Rabu, 24 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement