Advertisement

Memilih Kendaraan Ramah Anak. Ini Dia Tipsnya

Rayful Mudassir
Kamis, 07 Februari 2019 - 12:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Memilih Kendaraan Ramah Anak. Ini Dia Tipsnya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Mobil tidak hanya menjadi alat transportasi yang mengantarkan kita dari satu tempat menuju ke tempat lain. Namun mobil juga bisa menjadi tempat yang nyaman bagi pemiliknya, termasuk anak-anak. 

Sejumlah faktor dibutuhkan untuk memaksimalkan fungsi kendaraan sebagai tempat ramah anak. Biasanya mobil keluarga harus memenuhi beberapa persyaratan seperti mampu mengangkut banyak barang dan memiliki jumlah kursi banyak. Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah kendaraan berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV).

Advertisement

Namun ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan suasana di dalam mobil seperti dilansir wuling.id.

1. Pastikan mobil punya fitur Isofix

Isofix atau International Standards Organization FIX merupakan fitur yang berfungsi untuk mengaitkan kursi bayi di atas jok. Umumnya Isofix letakya ada di bagian bawah sandaran jok pada baris kedua.

Keberadaan Isofix dapat menjadi fitur yang dibutuhkan untuk menjamin keamanan dan keselamatan anak khususnya bayi. Pasalnya untuk usia balita biasanya masih belum sesuai memakai sabuk pengaman pada jok mobil.

2. Hiburan di perjalanan

Fitur hiburan mudah ditemukan untuk setiap mobil, mulai dari musik, mainan khusus balita hingga tayangan anak-anak. Beberapa fitur hiburan juga dapat menjadi alat untuk menenangkan anak selama dalam perjalanan atau saat bosan.

3. Ruang kabin luas

Saat memilih mobil keluarga, pastikan kabin yang ada dapatkan cukup luas serta memastikan Anda dapat memasang kursi duduk anak. Kursi duduk anak dirancang untuk buah hati yang belum memiliki tinggi yang cukup untuk mengenakan sabuk pengaman yang didesain untuk orang dewasa.

Alhasil keberadaan ruang kabin luas akan mempermudah keluarga memasang kursi duduk bayi dan meletakkan barang-barang bayi di dalam kabin.

4. Memasang kaca spion tambahan

Keberadaan kaca spion belakang memang dibutuhkan. Terlebih untuk memudahkan pandangan ke belakang, kehadiran spion tambahan akan membantu Anda melihat ke belakang dengan mudah. Aksesoris kecil ini penting supaya Anda tetap dapat melihat kondisi anak tanpa harus menoleh ke belakang atau menyesuaikan kaca spion atas di mobil Anda. .

5. Kelengkapan fitur keamanan canggih

Fitur keamanan sejatinya bukan hanya diperuntukkan untuk anak namun keluarga secara keseluruhan. Kendati demikian dengan kehadiran fitur keselamatan akan memberikan kenyamanan dalam berkendara. Penting sekali memperhatikan fitur keselamatan yang disuguhkan oleh kendaraan yang Anda pilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement