Hati-Hati! Terlalu Sering Tanning Malah Bikin Kanker Kulit

Ilustrasi sinar matahari. - Harian Jogja/Nina Atmasari
27 Februari 2019 12:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Proses penghitaman kulit atau tanning untuk mendapatkan kulit eksotis ternyata bisa membahayakan bagi kulit jika dilakukan terlalu sering. Salah satu bahayanya adalah penyakit kanker, seperti yang dialami perempuan di Texas. 

Dikutip Himedik dari Boldsky, perempuan bernama Bethany menyadari adanya bintik hitam di kulit yang muncul saat ia hamil. Tak menaruh curiga, Bethany berpikir bahwa noda hitam yang ditemukan di dahinya disebabkan oleh perubahan hormonal saat hamil. Namun, ternyata setelah dilakukan pemeriksaan itu adalah kanker kulit.

Ketika dokter kulit memeriksa titik hitamnya dan menganalisis hasil tes, ditemukan bahwa Bethany menderita bentuk melanoma yang invasif dan agresif dan dia harus segera dirawat.

Penyebabnya adalah terpapar radiasi yang berlebihan dari tanning bed ataupun sinar matahari, sehingga sel-sel kulit menjadi abnormal, dan mereka mulai tumbuh tak terkendali.

Sementara dalam kasus yang dialami Bethany, penyebab kanker kulit itu akibat penggunaan tanning bed yang berlebihan. Dia menjalani perawatan imunoterapi untuk menyembuhkan kanker yang dideritanya. Beruntung, saat ini ia sudah dinyatakan bebas kanker.

Semoga apa yang dialami Bethany dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua untuk tidak berlebihan atau menjadi kecanduan menggunakan tanning bed.

Sumber : suara.com