Advertisement

Benarkah Pakai Bra Saat Hamil Bisa Sesak Napas?

Newswire
Jum'at, 15 Maret 2019 - 06:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Benarkah Pakai Bra Saat Hamil Bisa Sesak Napas? Ilustrasi ibu hamil

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Nikita Mirzani jadi sorotan karena tak mengenakan bra saat sidang isbat perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019). Dia beralasan sedang hamil sehingga kalau menggunakan bra akan terasa sesak napas. 

"Gue lagi hamil say, engap ini. Sesek kalau pake," kata Nikita Mirzani.

Advertisement

Lalu, benarkah saat hamil perempuan akan mengalami sesak napas ketika mengenakan bra? Dikutip dari laman Babycentre.co.uk, Alison Bourne, fisioterapis kesehatan perempuan mengatakan bahwa hal itu benar adanya.

Kehamilan sejak usia enam minggu membawa perubahan pada tubuh perempuan, termasuk ukuran payudara. Pada saat hamil, payudara perempuan akan membesar dan bertambah berat karena berkembangnya kelenjar susu.

"Payudara memang akan bertambah berat dan besar, namun ukurannya berbeda-beda untuk setiap perempuan. Nah, bagi sebagian perempuan perubahan pada payudara bisa menyebabkan ketidak nyamanan," tutur Bourne.

Tak hanya di payudara, perubahan juga terjadi di tulang rusuk. Hal ini dikarenakan kantong janin yang membesar, membuat tulang rusuk melebar sehingga penggunaan bra bisa membuat sesak napas.

Karena hal inilah Bourne menyarankan para ibu hamil untuk menggunakan bra kehamilan yang sudah tersedia. Bra kehamilan memiliki bahan yang lebih halus, tidak berkawat, dan ukurannya bisa disesuaikan dengan kondisi kehamilan.

Terakhir, Bourne juga menyarankan penggunaan bra hanya saat akan keluar rumah atau bepergian. Jika Anda ada di rumah atau saat tidur, tidak menggunakan bra pun tidak apa-apa.

"Saat hamil, perubahan tubuh dan hormon bisa merepotkan perempuan. Pemilihan bra yang tepat bisa membuat perempuan merasa lebih nyaman dan enak menjalani kehamilan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik Sabtu 20 April 2024: Giliran Sleman dan Kota Jogja, Cek Lokasinya!

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement