Advertisement

Alasan Kencing di Malam Hari, Nomor 5 Biasa Terjadi pada Orang Tua

Newswire
Kamis, 21 Maret 2019 - 12:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Alasan Kencing di Malam Hari, Nomor 5 Biasa Terjadi pada Orang Tua Ilustrasi - Toilet - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kencing saat malam hari terkadang tidak mengenakkan. Apalagi terjadi di tengah kita sedang tertidur pulas.

Orang normal buang air kecil setiap enam hingga delapan jam per hari. Ada kalanya beberapa orang harus terbangun tengah malam untuk berkemih.

Advertisement

Ketika kencing pada larut malam sering terjadi, bisa jadi karena nokturia atau ada penyebab lainnya.

Dikutip dari laman Medical Daily, Kamis (21/3/2019), berikut ini penyebab paling umum buang air kecil pada malam hari.

1.Kandung kemih kecil

Ada dua kemungkinan alasan seseorang sering buang kencing, salah satunya memiliki kandung kemih kecil yang tidak bisa menampung cukup cairan. Alasan lainnya, tubuh memproduksi terlalu banyak urine.

Namun, jika kebutuhan untuk buang air kecil sering terjadi pada waktu tidur, Anda mungkin minum terlalu banyak cairan pada malam hari, menurut WebMD.

2. Infeksi

Infeksi Saluran Kemih (ISK) menyebabkan seseorang buang air kecil di siang dan malam hari, bahkan bisa disertai rasa sakit dan demam dalam beberapa kasus.

3.Usia dan jenis kelamin

Seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan lebih sedikit hormon antidiuretik yang memungkinkan orang menahan cairan sampai pagi. Namun, mereka yang mengalami masalah kesehatan seperti memiliki pembesaran prostat untuk pria atau menopause untuk wanita, kemungkinan besar akan buang air kecil lebih banyak di malam hari.

Wanita juga memiliki panggul yang lebih lemah setelah melahirkan. Hal ini menyebabkan saluran kemih menjadi lebih kecil, membuat mereka lebih sering berkemih.

4.. Obat

Beberapa dokter merekomendasikan obat yang membuat Anda buang air kecil berlebih. Berkemih di malam hari bisa dicegah jika obat itu diminum lebih awal.

5.Nokturia

Penyebab paling umum kencing lebih banyak di malam hari adalah nokturia. Ini adalah efek samping dari kurang tidur di antara orang dewasa. Beberapa orang yang menderita nokturia memiliki tumor di prostat atau kandung kemih yang memengaruhi kendali sfingter mereka.

Biasanya, mereka buang air kecil sekali setiap malam. Mereka yang buang air kecil dua kali atau lebih ditemukan menderita kelelahan di siang hari, menurut Sleep Foundation.

Nokturia adalah kondisi umum saat seseorang bertambah tua. Tubuh memproduksi lebih sedikit hormon antidiuretik dan ini membuatnya mempertahankan cairan tubuh. Berkurangnya konsentrasi hormon ini menyebabkan sering buang air kecil pada malam hari.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement