Advertisement

Ini Kiat bagi Anda yang Sulit Melupakan Mantan Pasangan

Tika Anggreni Purba
Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:47 WIB
Maya Herawati
Ini Kiat bagi Anda yang Sulit Melupakan Mantan Pasangan Ilustrasi - Elcrema

Advertisement

Harianjogja.com,JAKARTA - Setelah putus cinta, banyak orang yang tidak mampu melupakan mantannya, alias gagal move on. 

Setiap orang tentu memiliki pengalaman yang berbeda dalam proses melupakan mantan. Akan tetapi, adakah cara terbaik untuk melupakan mantan berdasarkan hasil studi ilmiah?

Advertisement

Laporan Psychology Today mengemukakan alasan mengapa seseorang sulit melupakan mantan kekasihnya. Pertama, hal itu disebabkan oleh memori yang selama ini dibagi bersama tidak bisa dilupakan begitu saja. Apalagi, jika dalam hubungan itu sempat terucap komitmen. Apa saja bisa mengingatkan seseorang pada mantan kekasihnya. 

Kedua, masa single bisa membuat memori menjadi blur. Sekalipun masa berdua dengan pasangan dulu merupakan hal yang buruk, status single dapat mengubah pola pikirnya.

Nah, berdasarkan kenyataan itu, berikut ini kiat mengendalikan diri agar perhatian Anda teralih dari momen mengingat mantan kekasih: 

1. Temukan role model

Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa kita bisa lebih bersemangat melakukan sesuatu ketika belajar dari orang yang kita kagumi. Coba perhatikan sekeliling Anda, apakah ada sosok atau seseorang yang telah berhasil melupakan mantannya dengan sukses dan keren, tirulah dia. Setiap kali Anda tergoda untung mengingat mantan, ingat sosok sukses yang menjadi role model Anda. 

2. Miliki kesenangan yang baru

Cara terbaik untuk melupakan kebiasaan lama bersama mantan adalah dengan membiasakan kebiasaan baru yang lebih menyenangkan. Tentu saja, Anda tidak harus langsung menemukan kekasih baru. Tetapi, Anda bisa menemukan tujuan atau kesenangan baru yang bisa membuat Anda lupa akan masa-masa bersama mantan. 

3. Rawat diri sendiri

Saat putus cinta, stres bisa saja mengambil alih kehidupan Anda. Stres dapat menyebabkan kelelahan, kewalahan, bahkan kecemasan. Di masa yang demikian, sering kali Anda tergoda untuk menghubungi mantan kembali. Stres juga bisa membuat Anda merasa perlu untuk memperbaiki hubungan dan reuni kembali dengan pasangan. 

Nah, untuk mengatasi ini sebaiknya Anda mengendalikan stres dengan benar. Atasi dan hadapi stres dengan cara yang tepat seperti menjaga pola hidup sehat, meditasi, melakukan kegiatan yang menyenangkan, dan lain-lain. Gunakan masa single untuk melakukan hal-hal yang belum pernah Anda lakukan ketika sedang berpacaran.

4. Waspadai “white bear effect”

Tidak perlu berjuang sekuat tenaga untuk melupakan mantan. Hal ini dapat membuat Anda mengalami efek psikologis yang disebut “white bear effect”. 

Jika Anda berusaha untuk tidak memikirkan beruang putih, ia akan terus muncul di benak Anda. Sama halnya ketika Anda berusaha melupakan mantan dengan tidak memikirkannya, dia justru akan selalu muncul di benak Anda.

Jadi, jika mantan muncul dalam pikiran Anda, jangan langsung panik dan berupaya menghapus pemikiran itu. Sebaliknya, berusahalah tenang dan menyadari bahwa munculnya dia di ingatan Anda adalah hal yang sangat normal dan manusiawi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/psychologytoday.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement