Advertisement

Agar Persahabatan Awet Sehat, Ini yang Bisa Anda Lakukan

Tika Anggreni Purba
Rabu, 10 April 2019 - 07:57 WIB
Maya Herawati
Agar Persahabatan Awet Sehat, Ini yang Bisa Anda Lakukan Sahabat - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Persahabatan adalah hubungan yang teruji oleh waktu dan jarak. Teman baik tidak hanya mengenal kita, tetapi juga tetap saling percaya.

Bahkan, ketika jarak dan waktu dan jarak tidak selalu berdekatan, hubungan yang terjalin tetap terasa hangat. Sekalipun tidak bertemu berbulan atau bertahun-tahun, sahabat yang baik akan selalu ada dan tidak terasa canggung.

Advertisement

Bagaimana cara membangun hubungan persahabatan yang sehat dan bertahan lama? Berikut ini beberapa rumusnya dilansir Pscyhology Today:

1. Saling mendukung, percaya, dan jujur

Setiap manusia membutuhkan teman sebagai bagian dari pendukung dan penopang hidupnya. Saling membutuhkan dan mendukung dalam sikap percaya dan jujur merupakan bagian persahabatan yang perlu terus dikembangkan

 Jika Anda adalah teman bagi seseorang, Anda berarti sedang menawarkan dukungan, kepercayaan, dan kejujuran untuk hidup orang lain. Apabila Anda tidak menawarkan dukungan yang sama kepada teman Anda, tidak akan terbentuk persahabatan yang saling mendukung.

2. Mendengar teman

Kita sering tidak tulus dalam mendengarkan orang lain karena hidup kita juga sudah dipenuhi berbagai kesibukan. Akan tetapi, teman yang baik akan selalu menyediakan waktu untuk peduli dan mendengarkan sahabat. Tanpa kerelaan untuk mendengar, persahabatan akan cepat kandas.

3. Jangan menghakimi

Teman yang baik mampu mengakui bahwa setiap orang adalah manusia biasa, termasuk juga teman. Teman tidak boleh menghakimi, menilai, atau mengatur kehidupan temannya. Seorang teman juga tidak wajib untuk ‘memberi izin’ atau ‘tidak memberi izin’ terhadap pilihan teman-temannya. Akan tetapi, teman yang baik akan selalu belajar menerima keputusan teman tersebut.

4. Jangan bicarakan teman di belakang

Sekalipun berteman, kita tidak harus selalu menyukai apa yang disukai sahabat kita dan membenci apa yang dibencinya. Semua orang memiliki pilihannya masing-masing dan seorang sahabat semestinya menerima itu.

Sekalipun Anda bertolak belakang dalam pilihan dan keputusan dengan teman, jangan sekali-sekali membicarakan keburukannya kepada orang lain. Jangan menggosipi teman sendiri. Hal ini akan merusak pertemanan Anda kelak.

5. Saling menghargai

Dalam pertemanan harus ada sikap saling menghargai kehidupan masing-masing. Keindahan dari persahabatan yang kuat memang kejujuran dan keterbukaan, tetapi di dalamnya tetap ada saling menghargai.

6. Meminta maaf dan memaafkan

Tidak ada manusia yang sempurna, manusia bisa melakukan kesalahan. Apabila teman Anda bersalah, terbukalah untuk memaafkannya. Apabila Anda bersalah, rendah hati-lah untuk meminta maaf.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/psychologytoday.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement