Advertisement

Hal yang Tak Bisa Diubah Jangan Anda Pikirkan Lagi

Tika Anggreni Purba
Kamis, 18 April 2019 - 08:17 WIB
Maya Herawati
Hal yang Tak Bisa Diubah Jangan Anda Pikirkan Lagi Ilustrasi - Lennoncenter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA —Sebagian besar orang tidak dapat berhenti khawatir dalam hidupnya karena satu hal : selalu merasa dapat mengendalikan segala sesuatunya. Faktanya, ada banyak hal dalam hidup ini yang tidak bisa dikendalikan manusia.

Banyak orang menyadari bahwa ada banyak hal yang tidak dapat dicegah dan dikontrol, tetapi tetap saja mengkhawatirkannya. Orang resah terhadap bencana alam, penyakit, dan masa depan yang tidak menentu. Sayangnya, saking sibuk khawatir kita lupa sedang membuang waktu dan energi.

Advertisement

Lalu, bagaimana caranya berhenti mengkhawatirkan segala sesuatu yang ada di luar kontrol kita? Berikut caranya dilansir Psychology Today:

1. Tentukan apa yang dapat Anda kontrol

Ketika Anda merasa khawatir, luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apakah yang Anda khawatirkan itu bisa Anda kendalikan atau tidak. Anda tidak bisa mencegah badai datang, tetapi Anda bisa bersiap untuk menghadapinya. Kita tidak bisa mengontrol orang lain, tetapi kita bisa mengontrol cara kita untuk bereaksi.

2. Identifikasi ketakutan Anda

Coba tanyakan pada diri sendiri, apa yang sebenarnya Anda takutkan? Hasil terburuk apa yang benar-benar bikin Anda takut? Apakah Anda ragu pada diri sendiri? Sering kali saat kita khawatir, kita sesungguhnya tidak membayangkan skenario yang nyata dari yang kita takutkan. Kita sibuk ketakutan sehingga tidak mampu berpikir untuk mengatasi dan mencari solusi dari ketakutan itu.

3. Jangan kebanyakan merenung

Anda sering kali gagal menemukan solusi dalam masalah karena kebayakan merenungkan dan membayangkan hasil buruk yang mungkin terjadi. Ketimbang melakukan itu, lebih baik Anda berpikir bagaimana cara memecahkan masalah Anda secara aktif dan produktif.

4. Kelola stres

Anda harus lebih memperhatikan diri Anda. Pilihlah kegiatan yang membuat diri Anda sehat mental dan fisik seperti berolahraga, makan sehat, tidur yang cukup. Lebih baik meluangkan waktu untuk mengelola stres ketimbang khawatir terus-menerus.

5. Ciptakan pikiran yang positif

Ketimbang memikirkan kemungkinan yang buruk, mengapa tidak mengubahnya menjadi pemikiran yang lebih positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/psychologytoday.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement