Advertisement

PARENTING: Potensi Anak Bisa Dikembangkan Sejak Dini

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 26 April 2019 - 09:07 WIB
Maya Herawati
PARENTING: Potensi Anak Bisa Dikembangkan Sejak Dini Ilustrasi tes IQ anak - JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Setiap orang tua dan guru perlu mengetahui potensi anak sejak dini agar bisa mengarahkan dengan tepat seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan anak.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui potensi yang dimiliki anak adalah dengan memperhatikan kebiasaan dan kesukaan mereka, ada juga yang mengajak anak untuk mengikuti tes IQ atau tes kecerdasan.

Advertisement

Namun tidak banyak orang tua yang mempunyai waktu setiap harinya dalam membantu anak belajar secara efektif, serta kesulitan dalam memahami hasil yang diperoleh dari tes IQ secara umum.

Ada solusi untuk mengetahui potensi kecerdasan anak melalui inovasi tes kecerdasan terbaru AJT CogTest, yaitu tes kognitif yang sudah dinormakan untuk anak Indonesia atau terstandardisasi sesuai dengan karakteristik bahasa serta budaya Indonesia.

Hasil AJT CogTest akan membantu orang tua dan guru lebih memahami kemampuan berpikir anak dalam pembelajaran di sekolah.

Orang tua akan lebih mudah mengarahkan dan mengembangkan potensi setelah mengetahui profil kognitif anak agar dapat membantu dan memahami bagaimana mereka dapat belajar sebaik mungkin.

Melia Inggriany, misalnya. Ibu rumah tangga yang menekuni usaha pembuat roti dan dekorasi kue untuk mengajak Dericho anaknya, menjalani tes AJT CogTest beberapa waktu lalu di Jakarta. Dia mengatakan dirinya menjadi lebih percaya diri dan yakin dengan potensi buah hatinya yang berumur 5 tahun itu.

“Setelah menerima hasil tes AJT CogTest, saya bisa melihat adanya kesamaan dari apa yang dipaparkan dalam hasil tes tersebut dengan keseharian anak saya. Hasilnya mudah dipahami, memberitahu sisi kelemahan dan kekuatan anak. Rekomendasi dari Psikolog membantu saya membantu anak belajar lebih efektif.” ucap Melia.

Usia 5 sampai dengan 18 tahun merupakan masa penting dimana orang tua dan guru harus mengetahui profil kognitif guna membantu memotivasi anak dengan tepat dan efektif. Profil kognitif ini semakin cepat diketahui akan lebih baik. Melia menambahkan,

“Test AJT CogTest ini membantu kita untuk lebih mengenal potensi, kelemahan, dan sisi unggul dari anak kita. Sehingga mereka nantinya siap bersaing di dunia global, dan juga untuk mempersiapkan masa depan yang baik karena kita sudah memahami bagaimana cara paling efektif anak belajar.”

AJT CogTest merupakan Tes Kognitif pertama yang dikembangkan berdasarkan norma Indonesia dengan proses pengembangan yang sistematis melibatkan lebih dari 250 psikolog Indonesia dan hampir 5.000 anak Indonesia sehingga menghasilkan produk tes yang berkelas dunia. Landasan teori psikologi yang dipakai merupakan teori paling mutakhir dan komprehensif di dunia saat ini.

AJT CogTest mengukur delapan bidang kemampuan kognitif anak usia 5 sampai dengan 18 tahun sehingga kekuatan serta kelemahan kemampuan berpikir anak dalam belajar dapat teridentifikasi secara lengkap dan jelas.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lebaran Berlalu, Masih Ada Perusahaan di Sleman Belum Bayar THR

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Firli Bahuri Disebut Minta Uang Rp50 Miliar ke SYL

News
| Kamis, 18 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement