Advertisement

Ingin Olahraga Saat Puasa? Ini Waktu Yang Tepat

Chelin Indra Sushmita
Minggu, 12 Mei 2019 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ingin Olahraga Saat Puasa? Ini Waktu Yang Tepat Ilustrasi berolahraga (Pictagram)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO--Ketika berpuasa, badan akan terasa lemas sehingga seseorang memilih membatasi aktivitas, khususnya olahraga. Bahkan, mungkin saja dia sama sekali tidak berolahraga karena takut kehabisan energi. Padahal, kenyataannya anggapan tersebut salah kaprah.

Anda tetap bisa berolahraga meski sedang berpuasa. Hal itu sesuai dengan berbagai hasil penelitian di bidang kesehatan yang sehat tetap bisa berolahraga berat selama 72 jam berpuasa. Bahkan, olahraga level sedang dapat dilakukan lebih lama.

Advertisement

Meski demikian, olahraga saat berpuasa sebaiknya dibatasi untuk menghindari dehidrasi. Lalu, kapan waktu paling tepat untuk berolahraga saat menjalankan puasa?

Dihimpun dari Life Strong, Sabtu (11/5/2019), salah satu waktu terbaik untuk berolahraga saat sedang berpuasa adalah setelah sahur atau salat subuh.

Pada waktu itu, tubuh masih dalam keadaan bugar dan bisa melakukan berbagai jenis kegiatan. Tidak perlu terlalu berat, Anda cukup melakukan peregangan dengan joging atau sekadar sit up dan push up selama 15 menit. Udara di pagi hari yang masih segar sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jika di pagi hari masih mengantuk, Anda bisa melakukan olahraga satu jam sebelum berbuka puasa. Cukup lakukan yoga atau joging dalam waktu 15 menit. Jangan terlalu memaksakan diri karena saat itu kadar gula dalam darah sudah menurun drastis. Pastikan kondisi tubuh fit agar tidak timbul masalah lain.

Setelah berolahrga, segera gantikan gula yang hilang saat berbuka puasa. Selain minum air putih, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula dan serat alami. Pastikan olahraga yang dilakukan tidak terlalu berat, sehingga tubuh bebas dari dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ribuan Calon Jemaah Haji Sleman Mulai Ikut Manasik

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement