Advertisement

10 Menit Jelang Azan Subuh, Bolehkah Makan dan Minum?

Chelin Indra Sushmita
Minggu, 12 Mei 2019 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
10 Menit Jelang Azan Subuh, Bolehkah Makan dan Minum? Ilustrasi sahur (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO--Waktu imsak adalah 10 menit sebelum azan subuh berkumandang. Lalu apakah masih boleh makan saat sudah imsak? 

Imsak biasa diumumkan oleh muazin di masjid untuk memperingatkan muslim yang sedang sahur. Lantas, apa sebenarnya makna imsak? Imsak biasa dimaknai sebagai peringatan waktu makan dan minum saat sahur bagi orang yang berpuasa.

Advertisement

Lalu, bagaimana jika orang yang berpuasa masih sahur atau baru bangun saat imsak? Bolehkah dia melanjutkan sahurnya?Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam video ceramahnya yang dikutip Solopos.com, Sabtu (11/5/2019), menjelaskan, imsak diibaratkan sebagai lampu kuning.

Imsak itu artinya lampu kuning. Kalau bangunnya pas Imsak, karena lembur, lelah bekerja, apakah tak boleh makan? Boleh saja. Tapi kalau sudah azan, masih ada makanan di mulut, muntahkan," katanya.

Jika ditelan saat waktu azan, maka hukumnya haram dan puasanya batal. Sebab, batas waktu sahur sampai terbitnya fajar atau azan subuh berkumandang. “Makan dan minumlah sampai terbit fajar. Kalau sudah azan subuh, ada yang masih dikunyah, muntahkan,” tegas UAS.

Muhammad Ishom, dosen Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Solo, dalam situs Nu.or.id, menjelaskan, para ulama memang bijak dengan menetapkan waktu imsak 10 menit sebelum subuh.

Hal itu dapat dibuktikan pada jadwal imsakiyah resmi yang beredar, selisih waktu yang tertera antara imsak dan subuh adalah 10 menit. Kebijaksanaan tersebut untuk memberikan masa transisi dari sahur menuju saat imsak yang sebenarnya atau subuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement