Suka Tertawa? Bagus lho Manfaatnya, Salah Satunya Menurunkan Tekanan Darah

Periksa tekanan darah(13/5/2019) - Harian Jogja/David Kurniawan
15 Mei 2019 14:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Ada pepatah yang mengatakan bahwa tertawa merupakan obat terbaik dari segala kesedihan yang dialami. Maka tertawa menjadi terapi untuk mengatasi masalah kesehatan.

Dilansir dari laman Medical Daily, berikut ini manfaat tertawa:

1. Mengurangi kadar hormon stres

Tertawa sebagai pelampiasan kebahagiaan dapat mengurangi kadar hormon stres, kortisol dalam air liur. Hal ini terungkap dalam penelitian terhadap 50 responden di India pada 2006. Hasilnya yoga tertawa dapat menurunkan kadar stres responden yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Tertawa juga baik lho untuk kesehatan jantung Anda. Hal ini diungkapkan melalui penelitian yang dilakukan Williams Fry dari Stanford University. Menurut hasil temuan, tertawa 10 menit memiliki efek yang sama seperti berlari selama 30 menit. Hal ini memberi efek pada peningkatan sirkulasi darah dan detak jantung.

3. Meningkatkan hormon endorfin

Tertawa dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang biasanya diproduksi usai berolahraga. Endorfin adalah kunci untuk kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik karena senyawa kimianya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk mengarah pada temuan ini, Psikolog Oxford Robin Dunbar menganalisis efek tawa terhadap resistensi nyeri dalam enam percobaan. Dalam lima studi laboratorium, peserta diperlihatkan klip dari video komedi, video netral, dan video yang menyenangkan di berbagai kombinasi.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa tawa yang berasal dari menonton video komedi membuat orang lebih tahan terhadap rasa sakit. Tahan terhadap rasa sakit adalah satu-satunya ukuran endorfin karena merupakan zat kimia otak.

4. Menurunkan tekanan darah

Para peneliti dari Universitas Osaka di Jepang menemukan fakta bahwa tertawa bisa membantu menurunkan tekanan darah. Temuan ini didapat setelah mereka melakukan penelitian terhadap 74 orang berusia antara 40- 74 tahun untuk mempelajari hubungan antara tekanan darah denga mendengarkan musik atau tertawa.

Satu kelompok yang terdiri dari 32 orang diuji setelah mendengarkan musik, 30 orang lainnya diuji segera setelah tertawa, sedangkan kelompok terakhir yang terdiri dari 17 orang tidak diberikan tes apa pun.

Tingkat tekanan darah mereka diperiksa setelah mendengarkan musik atau tertawa setelah menonton komedi Jepang. Hasil menunjukkan bahwa pembacaan tekanan darah turun sebesar 6 mm Hg pada orang yang mendengarkan musik dan penurunan lebih besar 7 mm Hg pada mereka yang tertawa usai menonton video komedi.

5. Melatih otot pernapasan

Ya tertawa ternyata memiliki efek seperti latihan olah pernapasan. Ketika Anda tertawa, otot-otot di perut mengembang dan berkontraksi, mengencangkan perut dan membentuk perut menjadi rata layaknya melakukan push up dan pull up.

Sumber : Suara.com