Advertisement

Sariawan Rawan Menyerang Saat Puasa, Ini Cara Jitu Mencegahnya

Chelin Indra Sushmita
Sabtu, 18 Mei 2019 - 06:07 WIB
Nina Atmasari
Sariawan Rawan Menyerang Saat Puasa, Ini Cara Jitu Mencegahnya Ilustrasi orang berpuasa (Solopos - Whisnupaksa)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Saat berpuasa, kondisi tubuh berbeda dengan hari biasa. Salah satu gangguan kesehatan yang rawan menyerang saat berpuasa adalah sariawan. Sariawan terjadi karena kondisi mulut yang kosong dalam waktu lama membuatnya terasa masam, sehingga memicu pertumbuhan bakteri.

Saat puasa, perut akan kosong sekitar 13 jam. Kondisi inilah yang membuat asam lambung naik. Efeknya terbawa ke mulut dan membuat bakteri berkembang biak lebih cepat dan menyebabkan peradangan.

Advertisement

Sariawan bisa muncul di bagian mulut mana pun, mulai dari gusi, lidah, dinding hingga langit-langit mulut. Sariawan bisa terjadi kapan saja, namun lebih sering dikeluhkan saat puasa. Sariawan disebabkan kesehatan mulut yang kurang baik, sensitif terhadap makanan, faktor hormonal, hingga stres.

Lantas, bagaimana cara mencegah sariawan saat puasa? Dihimpun dari Boldsky, Kamis (16/5/2019), Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang kadar asamnya rendah. Misalnya oatmeal, roti, sereal, dan kacang-kacangan.

Perhatikan pula buah-buahan yang dikonsumsi saat puasa. Pastikan buah-buahan itu tidak terlalu asam yang memperburuk sariawan. Pilihlah buah-buahan yang aman seperti melon, pisang, dan kelapa. Jangan lupa untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk meredakan sariawan.

Jangan lupa memperhatikan kebersihan mulut dengan menyikat gigi minimal tiga kali sehari. Yakni setelah sahur, saat berbuka puasa, dan sebelum tidur. Hal ini bermanfaat mengurangi penumpukan plak di gigi saat puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement