Ini Posisi Tidur dan Pengaruhnya pada Kecantikan Kulit

Ilustrasi tidur - Reuters
19 Mei 2019 09:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Posisi tidur Anda ternyata memengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit.

Untuk menjelaskan hal tersebut lebih lanjut, seorang dermatolog asal India, Dr Kiran Lohia, memberikan beberapa saran dan alasan mengapa Anda harus tidur dalam posisi yang tepat, seperti dikutip dari Times of India:

Tidur memeluk bantal

Tidur telentang merupakan cara terbaik untuk tidur. Mempertahankan posisi tidur dengan ketinggian 20-30 derajat bisa membuat cairan mengalir dengan lebih baik di dalam tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang memilih untuk tidur menyamping atau tengkurap. Hal ini membuat wajah terdorong dan tertekan ke bantal, yang sarungnya memiliki bakteri atau bekas produk perawatan dan make up yang telah Anda gunakan di wajah.

Solusi terbaik adalah mengganti sarung bantal dengan sering jika Anda sulit tidur terlentang, karena dapat menyebabkan jerawat atau bahkan ruam.

Tidur tengkurap

Banyak orang suka tidur dengan cara ini, padahal tidur tengkurap adalah cara tidur terburuk menurut ahli. Meski sedang tidur, kulit kita juga perlu bernapas.

Posisi tengkurap menekan seluruh wajah ke bantal, yang menghalangi folikel kulit, membuat pori-pori tersumbat yang pada akhirnya juga menyebabkan jerawat, dan garis-garis halus.

Dengan posisi ini, Anda seakan tidak mengizinkan sirkulasi berjalan lancar dan membuat bisa menyebabkan mata bengkak dengan kantung mata karena wajah tertekan di bantal setiap malam selama 8 jam yang tentu tidak baik untuk kulit Anda karena bisa memicu kerutan.

Tidur menyamping

Posisi ini menyebabkan kerusakan kulit lebih sedikit daripada posisi tengkurap. Namun, posisi ini juga bukan posisi ideal. Ketika Anda tidur menyamping, Anda menempatkan tekanan luar biasa di satu sisi.

Ini dapat meratakan tulang pipi dan memicu kerutan di bagian samping karena gesekan dan tekanan. Juga, jika Anda telah menerapkan produk perawatan kulit, produk mungkin akan menempel di bantal dan tidak terserap oleh kulit Anda.

Tidur telentang

Tidur telentang adalah posisi ideal. Sebabnya, Anda tidak membuat banyak tekanan pada kulit wajah Anda, yang akan menyebabkan lebih sedikit garis-garis halus, kontur yang lebih merata pada wajah dan akan membuat kulit Anda lebih muda dan lebih halus. Dibandingkan dengan tidur menyamping dan tengkurap, cairan tidak akan menumpuk di sekitar mata Anda membuat mereka bengkak dengan posisi telentang.

Selain itu, wajah Anda tidak akan menyentuh sarung bantal, menghindari pertukaran minyak, kotoran dan bakteri. Ini akan mencegah iritasi kulit atau jerawat! Biarkan kulit Anda bernapass semalaman dengan tidur telentang. Ini mungkin sulit dilakukan untuk beberapa orang, tetapi posisi ini benar-benar menyelamatkan kulit.

Sumber : Suara.com