Advertisement

Baby Blues Bisa Diatasi, Ini Kiatnya

Newswire
Selasa, 21 Mei 2019 - 07:37 WIB
Maya Herawati
Baby Blues Bisa Diatasi, Ini Kiatnya Ilustrasi babyblues (babysure)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Baby blues merupakan salah satu gangguan jiwa ringan. Meski lumrah, namun harus segera diatasi, jika tidak bisa berbahaya bagi ibu dan bayi.

Berikut ini beberapa kiat mengatasi baby blues:

Advertisement

Siap dengan realita
"Yang bikin stres itu ketika tidak sesuai dengan realita. Misalnya pas hamil enggak mau naik berat badan lebih dari 15 kg, eh ternyata naik. Terkait ini, boleh ada target tapi fleksibel juga," jelas psikolog Lembaga Psikologi Terapan UI, Vera Itabiliana, seperti dikutip dari liputan6.com, belum lama ini.

Perbaiki komunikasi dengan pasangan
Anak adalah buah cinta dari suami dan istri, maka saat mengasuh bayi libatkan juga suami. Vera menyarankan untuk mendiskusikan peran pasangan ketika akan dan saat hamil.
"Diskusikan pembagian peran, tugas suami. Jadi saat anak sudah lahir, suami lebih supporting," katanya saat berbicara tentang baby blues.

Siapkan support system
"Mungkin ada yang mengatakan awalnya enggak mau dibantu, mau mengasuh anak sendiri. Ternyata setelah dijalani enggak bisa. Sebaiknya menerima kondisi itu. Dan saat hamil bilang ke support system seperti keluarga atau sahabat saat hamil,'Eh nanti bantuin ya kalau aku enggak bisa sendiri'," papar Vera.

Siap dengan informasi di awal-awal memiliki anak
Ibu yang baik itu memiliki informasi tepat dari sumber yang tepat. Jadi, penting bagi seorang ibu mengetahui informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi. "Tahu juga bahwa sebulan atau tiga bulan pertama bakal kurang tidur," kata Vera.
Jangan lupakan juga, hal-hal sederhana yang mesti ada di hari pertama di rumah bersama sang bayi. Bila tidak siap, hal itu bisa saja membuat uring-uringan.

Rileks
"Coba untuk rileks, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Ada yang dengan jalan kaki, ada dengan meditasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement