Yuk Ajak Anak Menabung Uang Fitrah

Ilustrasi menabung. (Dok. Solopos)
09 Juni 2019 14:47 WIB Ria Theresia Situmorang Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Orang tua kerap memberikan hadiah untuk anak saat Lebaran. Biasanya berupa uang yang diselipkan di amplop, dan diberikan kepada anak dengan istilah THR (Tunjangan Hari Raya), angpao, atau fitrah.

Saking banyaknya hadiah yang diterima, anak-anak kadang bingung akan menggunakannya untuk apa. Tak sedikit insiden terjadi di mana uang yang diterima anak malah dihabiskan untuk membeli jajanan dan mainan yang ia inginkan padahal sebenarnya tidak perlu.

Dikutip dari Nairametrica.com, berikut tips mengajarkan anak cara mudah menabung THR yang didapatkannya:

1. Bicarakan tentang topik finansial ringan

Tidak ada yang lebih menyenangkan di dunia ini selain menghabiskan waktu dengan anak Anda. Bicarakan tentang uang kepada si kecil sekreatif mungkin.

Bantu mereka mengerti tentang konsep uang dan mengapa mereka harus menabung sedini mungkin. Kebiasaan menabung sejak kecil bisa terbawa hingga dewasa jika saja anak Anda konsisten.

2. Gunakan pendekatan hadiah

Dengan mengulang saran kalau anak akan mendapatkan hadiah yang besar jika ia menabung untuk itu, si kecil akan berpikir dan otaknya mulai merekam kalau untuk mendapatkan hadiah yang lebih besar ia harus menabung.

Dengan begitu, anak tidak akan hanya menghabiskan uangnya untuk barang konsumsi semata. Jika anak mencapai targetnya, jangan lupa untuk memberikannya hadiah kecil, ya.

3. Belikan celengan

Banyak dari kita yang tumbuh dan berkembang dengan celengan, bukan? Memori tersebut harus Anda sampaikan kepada buah hati Anda. Tidak peduli apakah uang kertas atau koin yang ia masukkan ke dalamnya, pastikan si kecil mencapai tujuannya menabung yakni bersabar untuk mendapatkan sesuatu.

Sumber : Bisnis.com/Solopos.com