6 Kunci Menciptakan Kebahagiaan dalam Hidup

Ilustrasi - Testube
15 Juni 2019 15:57 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Berdasarkan  penelitian mengenai kebahagiaan dan kesejahteraan subyektif yang sudah dilakukan para peneliti selama bertahun-tahun, disimpulkan bahwa banyak orang menginginkan formula yang tepat untuk mencapai tujuan “kebahagiaan”.

Sebetulnya, untuk mencapai kebahagiaan itu, Anda perlu memikirkan ulang definisi kebahagiaan. Apakah kebahagiaan adalah tujuan yang harus Anda raih dengan sekuat tenaga, atau kebahagiaan adalah kehidupan sehari-hari yang Anda praktikkan dengan sikap bahagia.

Tidak ada rumus universal untuk mencapai kebahagiaan yang sesungguhnya, akan tetapi kita perlu belajar untuk mempraktikkan kebahagiaan itu hari demi hari.

Berikut ini cara menciptakan kebahagiaan dalam hidup sehari-hari, dikutip dari Psychology Today.

1. Manusia membutuhkan hubungan untuk menikmati kebahagiaan yang optimal

Kebenaran yang paling sederhana yang dibutuhkan manusia adalah menjalin hubungan dengan orang lain. Hubungan yang dimaksud bukan melulu hubungan yang romantis, tetapi juga persahabatan atau pertemanan, atau hubungan lainnya.

2. Pentingnya bersikap baik

Otak manusia terdesain sehingga kita merasakana sukacita ketika berperilaku baik. Bahkan hanya dengan berencana melakukan sesuatu yang baik pada orang lain, akan menghasilkan rasa puas dan sejahtera.

3. Mengakui pencapaian diri sendiri dan orang lain

Jika Anda bekerja keras dan mencapai sesuatu, akuilah kesuksesan Anda itu dengan rasa syukur. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Justru sebaliknya pengalaman dan respons Anda terhadap pengalaman itu akan memberikan kontribusi positif bagi Anda.Belajarlah puas terhadap diri sendiri. 

4. Menemukan arti dan tujuan hidup

Anda sebaiknya belajar percaya bahwa berkontribusi pada sesuatu di luar diri Anda atau melakukan sesuatu yang lebih besar dari keberadaan Anda akan memberikan kepuasaan dan kebahagiaan bagi Anda. 

5. Memilih gaya hidup sehat berdasarkan kebutuhan dasar

Silakan lakukan olahraga teratur, makan dengan nutrisi yang sehat, tidur yang cukup setiap hari. Gaya hidup sehat akan mempengaruhi hidup Anda, mulai dari kesehatan fisik dan juga mental.

6. Jadikan kebahagiaan sebagai praktik

Mungkin kesalahpahaman terbesar tentang kebahagiaan  adalah keyakinan bahwa kebahagiaan adalah "tujuan" atau bahwa kebahagiaan bisa "dibeli." Akan tetapi, perlu disadari bahwa kebahagiaan adalah perjalanan kita melalui hidup dan pengalaman kita yang benar-benar akan menghasilkan perasaan puas dengan hidup kita.

Sumber : Bisnis.com