Tak Boleh Terlalu Berlebihan, Berat Tas Anak Cukup Segini Saja Bunda ...

Ilustrasi. - SOLOPOS/Ratna Puspita Dewi
09 Juli 2019 01:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Tas sekolah yang terlalu berat bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan dan kesejahteraan anak-anak. 

Untuk menyoroti hal tersebut, para peneliti melakukan sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Ergonomics baru-baru ini. Dalam studi ini, peneliti melihat 49 siswa sekolah dasar dilansir dari Thehealthsite.

Mereka menganalisis kinematik anak-anak (postur tubuh dan tungkai bawah) ketika anak-anak berjalan bebas, tidak membawa beban, serta ketika anak-anak membawa ransel dan akhirnya menarik troli beroda dengan beban yang berbeda (10%, 15% dan 20% dari bobot tubuh masing-masing).

Untuk analisis, peneliti menggunakan sistem penangkapan gerak optik tiga dimensi yang mirip seperti yang digunakan dalam film animasi dan video game.

Setelah itu, mereka menggunakan teknik statistik untuk menganalisis kurva kinematika penuh. Temuan utama dari penelitian ini menunjukkan ada perubahan besar ketika anak-anak menggunakan ransel atau troli beroda.

Khususnya terjadi pada bagian pinggul dan postur tubuh, di mana terjadi ekstremitas proksimal. Serta adanya sedikit perbedaan dalam kinematika ekstremitas distal, yakni lutut dan pergelangan kaki.

Namun ada hal menarik, di mana troli beroda yang digunakan menghasilkan lebih sedikit perubahan dalam kinematika anak. Ini hanya menyerupai gerakan mereka ketika berjalan bebas dari segala beban, dibandingkan dengan membawa ransel, bahkan ketika beratnya sangat sedikit.

Hasilnya, peneliti menetapkan bahwa anak-anak yang menggunakan ransel harus menghindari beban lebih dari 10% dari berat badan mereka dan 20% bagi mereka yang menggunakan troli.

Sampai saat ini, rekomendasi berat badan telah ditetapkan untuk batasan berat ransel sekolah, karena ransel adalah jenis yang paling banyak digunakan ketika anak-anak bersekolah di seluruh dunia.

Jadi perhatikan berat tas ransel saat anak berangkat sekolah, moms harus tahu membatasi berat tas anak untuk kesehatannya.

Sumber : suara.com