Advertisement

Kenali Kanker Prostat, Penyakit yang Menyerang Arswendo Atmowiloto

Ria Theresia Situmorang
Sabtu, 20 Juli 2019 - 01:47 WIB
Nina Atmasari
Kenali Kanker Prostat, Penyakit yang Menyerang Arswendo Atmowiloto Ilustrasi-Penderita prostat - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kabar duka datang dari dunia sastra. Wartawan senior sekaligus sastrawan Arswendo Atmowiloto meninggal dunia pada Jumat (19/7/2019) sore. Arswendo dikabarkan sedang berjuang melawan penyakit kanker prostat dalam beberapa tahun terakhir.

Dikuti dari Prostate Cancer Foundation, pcf.org, jenis kanker ini berkembang di bagian prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelak. Kanker terjadi ketika sel prostat berkembang di luar kendali. Kanker prostat umumnya menimbulkan rasa sakit yang luar biasa saat penderita buang air kecil.

Advertisement

Penyebab

Dikutip dari situs Centers for Disease Control and Prevantion, cdc.gov, faktor terbesar penyebaran virus kanker prostat adalah berdasarkan usia. Semakin tua seorang pria, semakin besar peluangnya untuk mengidap penyakit mematikan ini.

Selain karena usia, faktor penyebab berkembangnya virus penyakit ini adalah garis keturunan. Sehingga, jika orangtua mengidap penyakit kanker prostat, besar kemungkinan anak laki-lakinya juga mengidap penyakit ini.

Gejala

Masing-masing pria memiliki gejala terserang kanker prostat yang berbeda. Namun umumnya, pria dengan gejala penyakit kanker prostat di antaranya mengalami susah buang air kecil, sering buang air kecil khususnya malam hari, rasa sakit luar biasa saat buang air kecil, sakit di tulang belakang, pinggang dan paha dan ejakulasi yang terasa menyakitkan.

Jika mendapati gejala ini, dianjurkan sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan dini yang lebih efektif.


Pencegahan

Ada banyak cara untuk mencegah penyakit kanker prostat di antaranya adalah mengatur pola hidup, terutama makanan, dengan cara mengurangi perusakan DNA oleh faktor genetik.

Untuk menghindari hal ini, pria dianjurkan untuk menjaga berat badan dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung susu dan kalsium. Menghindari rokok, alkohol dan stres yang berlebih juga termasuk upaya menghindarkan diri dari penyakit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement