Ngeri, Kuliner di Solo Diberi Nama Es Bunuh Diri

Es buah Bunuh Diri (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
22 Juli 2019 09:37 WIB Bayu Jatmiko Adi Lifestyle Share :

Harianjogja.com, SOLO--Di Solo, ada menu yang diberi nama dengan sebutan yang menyeramkan yaitu es bunuh diri. Menu kuliner tersebut bisa diapatkan di Jl. Cakra I No. 3.

Di situ, ada kedai es buah milik Ahmadi Mustofa. Dia menyebut kedai di halaman rumahnya itu dengan istilah rumah sehat. Menu unggulan yang disajikan adalah es buah bunuh diri. Kali pertama mendengar memang cukup aneh, tapi jangan membayangkan yang tidak-tidak.

Es buah bunuh diri sama seperti es buah pada umumnya. Hanya yang membuatnya berbeda adalah porsinya yang jumbo. Satu porsi terdiri atas es buah dengan isi komplit dan disajikan di mangkuk keramik besar. Di dalamnya ada irisan semangka, nangka, melon, buah naga, nanas, mangga muda, rumput laut, dan tape ketan. Dengan porsi yang besar itu, es buah bunuh diri memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp7.000 per porsi.

Soal rasa, es buah tersebut memiliki kuah yang manisnya pas. Untuk diminum pada siang hari, es buah ini tentu saja sangat menyegarkan. Penamaan es buah bunuh diri tak lepas dari kisah unik dari salah satu pelanggan Mustofa. Ada seorang pelanggan dari kalangan mahasiswa yang memesan es buah sekaligus es jus.

Karena kekenyangan, pelanggan tersebut ketiduran dan tidak kuasa bangkit. Pelanggan itu pun menyebut es buah yang dia santap dengan sebutan es bunuh diri. Sejak saat itu Mustofa menamakan menu es buahnya dengan nama es buah bunuh diri.

Mustofa mengaku sengaja menghidangkan es buah dengan porsi besar lantaran ingin mengajak masyarakat di sekitarnya hidup sehat dengan banyak mengonsumsi buah.

"Kalau biasanya kan porsi kecil. Dengan porsi besar ini diharapkan bisa menampung buah lebih banyak dan lebih lengkap untuk menunjang kesehatan," tutur dia saat ditemui Solopos.com di kedainya di Kauman, Jumat (19/7). Selain di Kauman, es buah bunuh diri juga bisa dinikmati di kedai cabangnya di Gentan, Sukoharjo.

 

Sumber : solopos.com