Ingin Perawatan Rambut Murah? Begini Caranya ...

Ilustrasi rambut - Reuters
26 Juli 2019 15:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kesehatan rambut sangat dipengaruhi oleh terik matarahari. Rambut yang sering terpapar sinar matahari akan mudah rusak. 

Repot perawatan ke salon di tengah-tengah rutinitas, belum lagi cukup mengocek kantong. Kamu bisa kok melakukan perawatan sendiri di rumah dan murah. Cukup dengan menggunakan minyak kelapa setelah membasuh atau mencuci rambut dapat mencegah kerusakan atau mengatasi tambut rusak.

Kandungan minyak kelapa memang baik untuk segala jenis rambut, mulai dari rambut normal hingga rusak. Lantas, apa lagi manfaat minyak kelapa untuk rambut?

Di dalam penelitian yang melibatkan tikus sebagai hewan percobaannya, minyak kelapa ternyata bisa menumbuhkan dan menebalkan rambut secara efektif.

Selain itu, hasil dari minyak yang kaya akan asam lemak ini dinilai lebih manjur dibandingkan kondisioner rambut dan minyak mineral pada umumnya.

Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa lainnya untuk rambut Anda agar tetap indah dan tebal dilansir Hello Sehat.

1. Melembapkan rambut dan kulit kepala

Menurut penelitian yang membahas tentang produk perawatan untuk rambut, minyak kelapa mampu meresap hingga batang rambut. Resapan yang maksimal tersebut akhirnya dapat “menambal” protein rambut yang hilang dan merawat rambut yang sebelumnya sudah rusak.

Oleh karena itu, sebagian besar orang yang memiliki rambut kering dan rusak mendapati rambut mereka terlihat lebih sehat setelah menggunakan minyak kelapa.

2. Membantu mengurangi rambut menjadi keriting

Pernahkah ketika Anda berada di tempat yang jauh lebih lembap, rambut Anda mulai menjadi ikal dan terlihat berantakan?

Solusi dari masalah tersebut adalah minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut lainnya adalah mencegah rambut menyerap air pada iklim yang lembap.

Hal ini disebabkan menyerapnya minyak kelapa hingga ke batang rambut Anda membuat rambut terasa lebih lembut dan sehat.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengaplikasikan minyak kelapa sebelum memasuki daerah dengan iklim yang lembap dan kering.

3. Mencegah kerusakan rambut akibat bahan kimia

Salah satu negara yang menggunakan minyak kelapa sebagai penangkal kerusakan rambut akibat polusi adalah India. Bahkan, terdapat penelitian yang mengungkapkan polusi udara dapat mengiritasi kulit kepala, menyebabkan gatal, rambut berketombe, hingga rambut rontok.

Minyak kelapa sangat berguna untuk menjaga rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi udara. Mengapa bisa begitu?

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang sangat berpengaruh terhadap protein keratin yang ada di rambut. Protein keratin ini sangat penting untuk kesehatan rambut. Ketika terkena panas terlalu sering, keratin rambut dapat terkikis dan membuat rambut menjadi cepat rusak.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minyak kelapa dapat menyerap hingga ke batang rambut Anda. Oleh karena itu, minyak ini dapat mengisi ruang yang dapat dimasuki oleh debu, kotoran, dan bahan kimia pada rambut.

4. Membuat rambut lebih berkilau

Sama seperti kebanyakan minyak pada umumnya, minyak kelapa dapat membuat rambut lebih berkilau dan terlihat lembut. Oleh karena itu, banyak pemilik rambut kering yang menjadikan minyak kelapa sebagai serum agar agar rambut terlihat sehat.

Selain itu, minyak kelapa juga dapat dijadikan sebagai alternatif serum rambut yang lebih sehat dan menghindari penggunaan bahan kimia pada produk lainnya.

Cara memperoleh manfaat minyak kelapa untuk rambut

Setelah mengetahui apa saja keistimewaan yang ditawarkan minyak kelapa untuk rambut Anda, yuk intip cara penggunaannya agar memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Tuangkan air hangat yang sudah ke dalam mangkuk kecil.

Tuangkan 2 sendok teh minyak kelapa ke dalam gelas. Pilihlah minyak kelapa murni, bila perlu, gunakan minyak kelapa organik.

Letakkan gelas yang berisi minyak kelapa ke dalam mangkuk yang berisi air hangat.

Biarkan selama beberapa menit hingga minyak kelapa meleleh.

Oleskan minyak kelapa ke seluruh rambut dan kulit kepala Anda. Anda dapat menggunakannya ketika rambut dalam keadaan kering atau basah.

Usahakan untuk menyisir rambut Anda agar minyak kelapa lebih merata. Jika Anda memiliki tipe kulit kepala berminya, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa di tengah kulit kepala saja.

Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan menggunakan sampo.

Gunakan minyak kelapa sebagai produk rutin perawatan rambut Anda. Selamat mencoba.

Sumber : suara.com