Ini Langkah Merencanakan Dana Pendidikan Anak

Emas bisa jadi instrumen tabungan pendidikan.
27 Juli 2019 10:57 WIB Dewi Andriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Bagi orang tua, menyiapkan dana untuk pendidikan anak menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu, dibutuhkan pengetahuan tentang langkah-langkah yang tepat dalam merencanakan dana pendidikan

Anang Samsudin, PR Manager Treasury mengatakan hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu besarnya biaya yang diperlukan untuk bersekolah di lembaga pendidikan yang diinginkan. Dengan informasi biaya tersebut, orang tua bisa mulai melakukan perhitungan untuk menyiapkan dana pendidikan anak.

“Sebaiknya, cari tahu biaya pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Kedua, lakukan estimasi biaya pendidikan yang dibutuhkan saat anak masuk sekolah. Cara menghitungnya cukup sederhana. Misalnya total biaya yang dibutuhkan untuk kuliah saat ini adalah Rp 80.000.000. Maka untuk menghitung estimasi biaya kuliah 10 tahun mendatang, biaya kuliah saat ini harus ditambahkan 10% per tahunnya dengan penambahan progresif hingga 10 kali.

Metode perhitungan yang sama juga perlu dilakukan untuk jenjang pendidikan TK, SD, SMP hingga SMA. Sehingga dapat diketahui estimasi biaya pendidikan secara menyeluruh sampai jenjang perguruan tinggi.

Setelah mengetahui besarnya biaya pendidikan anak, langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah membuat strategi dalam mempersiapkan dana pendidikan.

Salah satunya dengan memilih instrumen keuangan untuk menyimpan dana pendidikan tersebut. Pilihlah instrumen yang nilainya cenderung naik dalam jangka panjang. Salah satu instrumen yang tepat karena nilainya yang cenderung naik dalam jangka panjang adalah Emas.

“Orang tua bisa #PunyaSimpenan Emas mulai dari Rp20.000,- (sebelum pajak) secara rutin untuk mempersiapkan dana pendidikan anak di Treasury,” ujarnya.

Punya Simpenan Emas dalam jangka panjang terbukti dapat memberikan imbal hasil yang optimal. Berdasarkan histori harga Emas di Goldprice.org, pada tahun 2009 harga Emas berada pada kisaran harga Rp 300.000/ gram dan saat ini harga Emas melonjak lebih dari dua kali lipat mencapai sekitar Rp 700.000.

Sumber : bisnis.com