Advertisement

Jangan Sembarangan! Perhatikan Hal-Hal Ini saat Membeli Hewan Kurban

Newswire
Sabtu, 03 Agustus 2019 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Sembarangan! Perhatikan Hal-Hal Ini saat Membeli Hewan Kurban Petugas pemantau kesehatan hewan kurban Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja melakukan pemeriksaan kesehatan kambing di Jalan Pramuka, Jumat (9/8/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, MAGETAN--Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah jatuh pada Minggu (11/8/2019). Salah satu hal yang tak bisa dilepaskan dari Hari Raya Iduladha adalah keberadaan hewan kurban.

Sebelum membeli hewan kurban, ada baiknya calon pembeli memperhatikan beberapa hal. Berikut beberapa tips memilih hewan kurban.

Pengusaha hewan kurban Adin, 46, asal Magetan, Jawa Timur yang sudah 26 tahun berjualan hewan kurban di Jakarta mengatakan hal pertama yang harus calon pembeli pastikan adalah membeli kurban di penjual yang bersertifikat dari Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Setelah itu, pembeli harus memperhatikan lima syarat berikut:

1. Umur Hewan Kurban Telah Sesuai

Terdapat kriteria umur hewan untuk berkurban. Sapi pada umumnya dapat dikurban ketika mencapai umur 2 tahun. Kambing diharuskan telah berumur dari setahun. Kondisi hewan di umur tersebut dianggap sudah cukup usia dan siap dikurban dengan kondisi daging yang telah mencukupi.

2. Bebas dari Penyakit

Hewan kurban yang diperbolehkan dilarang memiliki penyakit. Diantaranya hewan kurban dilarang untuk mengalami kebutaan, sakit, pincang hingga kurus badannya. Kambing atau sapi yang teman-teman pilih haruslah yang terlihat sehat dengan tubuh yang gemuk atau berisi.

3. Hewan Telah Berganti Gigi

Hewan kurban telah mengalami pergantian gigi seri depan maupun bawah. Pergantian gigi menunjukan perkembangan hewan kurban telah mencapai umur yang matang untuk dikurbankan.

Advertisement

4. Tubuh Hewan Kurban Sehat

Hewan kurban haruslah berstatus sehat dengan ciri cirinya berdasarkan kementrian agama adalah, bulu bersih tidak kusam, lincah, nafsu makan baik, suhu tubuh normal dan lubang pada tubuh bersih serta normal.

5. Kebersihan Tempat Penjualan Hewan Terjamin

Kebersihan dan perawatan hewan kurban semasa penjualan dan pertumbuhan harus terjamin. Hewan kurban dengan tubuh sehat berasal dari kandang yang rapi, bersih, terjaminnya makanan serta air bagi hewan.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Begini Kronologi Korupsi Dana BOS di Sebuah Sekolah di Sleman

Sleman
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 18:37 WIB

Advertisement

alt

6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan Belum Ditahan? Ini Dalih Polisi

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 18:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement