4 Langkah Ini Bisa Kurangi Rasa Takut Jelang Persalinan

Ilustrasi Perempuan Hamil - Reuters
06 Agustus 2019 16:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Jelang proses persalinan, ibu muda sering merasakan ketakutan dan kekhawatiran.

Namun, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa takut itu. Mengutip buku Teman Bumil karya Rosa Ayu Hapsari terbitan Grasindo 2019, ini dia empat langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Pilih dokter yang tepat
Tidak ada salahnya untuk mulai melirik dokter bersalin yang handal dan berjarak tempuh tidak terlalu jauh. Biasanya, kebanyakan ibu akan lebih senang dengan dokter kehamilan yang menemani sejak awal hamil hingga proses melahirkan.

Lihat review dokter kandungan yang akan dipilih di berbagai forum atau media sosial, dan pastikan sesuai dengan visi yang dimiliki ibu.

2. Ikuti kelas ibu hamil
Berjuang dan merasakan sakit sendiri tentu tidak mengenakkan. Nah, kelas ibu hamil akan sangat membantu, karena selain diberi pengetahuan dan membuat Anda merasa lebih siap menghadapi persalinan, di kelas ini juga akan mempertemukan para ibu untuk saling berdiskusi da bertukar cerita. Termasuk para ibu yang sudah pernah melahirkan.

3. Pelajari teknik relaksasi
Para ibu hamil disarankan terhindar dari rasa cemas dan stres menjelang melahirkan, karenanya relaksasi akan sangat diperlukan. Saat tubuh rileks usai relaksasi, maka pikiran akan jauh lebih tenang dan tidak mudah cemas.

4. Cari sumber terpercaya
Ini penting agar ibu tidak mudah terserang hoaks atau kabar bohong seputar kehamilan, yang akan semakin menambah ketakutan. Cari sumber informasi dari yang ahli, seperti dokter dan situs kesehatan terpercaya.

Jangan takut lagi ya, Moms, demi buah hati sehat dan lahir selamat.

Sumber : Suara.com/Teman Bumil