Advertisement

Di Merauke Ada 2.280 Kasus HIV/AIDS

Newswire
Selasa, 06 Agustus 2019 - 17:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Di Merauke Ada 2.280 Kasus HIV/AIDS Ilustrasi HIV - AIDS. (Harian Jogja)

Advertisement

Harianjogja.com, MERAUKE - Terhitung sejak 1992-2019, penemuan kasus HIV/AIDS di Merauke berjumlah 2.280 kasus dengan rincian HIV 1.272 kasus dan AIDS 1.008 kasus. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, dr Stevanus Osok. 

Stevanus menjelaskan sejak Juli 1992 sampai dengan Desember 1992 mulai dilakukan pemantauan HIV dan ditemukan enam orang HIV positif, dua orang warga negara Indonesia, dan empat orang lainnya berasal dariThailand.

Advertisement

Dari data yang diperoleh, menurut dia, perempuan menempati urutan teratas dengan persentase 52, 1% atau berjumlah 1.189 kasus dan laki-laki 45,8% atau 1.045 kasus, tidak diketahui sebesar 46%.

Sementara berdasarkan umur, lanjut dia, yang terbanyak adalah umur 25-49 tahun berjumlah 1.348 dengan persentase 59,12%. Sedangkan untuk umur lima tahun kebawah berjumlah 70 kasus.

Menurut dr Osok, ada 10 kegiatan yang dicanangkan dalam rangka menanggulangi laju pertumbuhan HIV/AIDS di Merauke diantaranya melalui komunikasi, informasi dan edukasi.

"Semua institusi pemerintah untuk menyampaikan informasi tentang HIV/AIDS yang baik dan benar dalam bentuk apa saja sehingga masyarakat tahu tentang HIV/AIDS," ujarnya.

Selain itu, kata dia, langkah berikutnya adalah semua penyakit infeksi menular seksual (IMS) terkontrol dan terkendali dengan membangun Pusat Kesehatan Reproduksi.

"Tempat itu menjadi pusat untuk memayungi kegiatan IMS kontrol di Kabupaten Merauke," kata mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke ini.

Langkah selanjutnya, menurut dia, semua ibu hamil dilakukan VCT untuk mencegah penularan HIV positif. Jika ditemukan maka perlu dilakukan pengobatan agar tidak terjangkit pada anaknya.

"VCT dilakukan terhadap kelompok sasaran dan berisiko jika ditemukan maka dilakukan ARV dengan pendampingan," katanya.

Strategi kondom juga menjadi salah satu yang dilakukan dengan cukup ketat terutama pada kelompok pekerja seks komersial (PSK). Setiap bulan dilakukan IMS kontrol.

"Jika ditemukan positif berarti tidak memakai kondom, karena cukup ketat mengenai penggunaan kondom," tambah Stevanus Osok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement