Advertisement

Trik Jitu Hadapi Kecemasan

Eva Rianti
Rabu, 07 Agustus 2019 - 21:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Trik Jitu Hadapi Kecemasan Ilustrasi - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pernahkah Anda merasa cemas? Kecemasan bisa terjadi lantaran beragam pemicu, misalnya karena pertama kalinya Anda bekerja di perusahaan besar, atau bertemu dengan keluarga pasangan, atau memberikan presentasi di depan banyak orang.

Setiap orang memiliki pemicu yang berbeda. Mengidentifikasi pemicu adalah salah satu langkah penting untuk mengatasi dan mengelola serangan kecemasan.

Advertisement

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba mengatasi kecemasan Anda. Berikut lima cara cepat untuk mengatasi kecemasan, dikutip dari Healthline.

Tanyakan pola pikir Anda

Pikiran negatif dapat berakar dalam pikiran Anda dan mengubah keparahan situasi. Salah satu caranya adalah dengan menantang ketakutan Anda, bertanya apakah itu benar, dan melihat di mana Anda dapat mengambil kembali kendali.

Berlatihlah untuk fokus, menarik napas panjang

Cobalah bernapas dalam 4 hitungan selama 5 menit. Itu akan memperlambat detak jantung yang dapat membantu menenangkan Anda. Teknik pernafasan 4-7-8 juga dikenal dapat membantu menangani kecemasan.

Gunakan aromaterapi

Aromaterapi dianggap membantu mengaktifkan reseptor tertentu di otak Anda, yang berpotensi mengurangi kecemasan. Baik arimaterapi dalam bentuk minyak, dupa, atau lilin, aroma seperti lavender, chamomile, dan cendana bisa sangat menenangkan.

Jalan-jalan atau lakukan yoga 15 menit

Terkadang, cara terbaik untuk menghentikan pikiran cemas adalah berjalan menjauh dari situasi. Meluangkan waktu untuk fokus pada tubuh Anda,  bukan pikiran Anda, dapat membantu meredakan kecemasan.

Tuliskan pikiran Anda

Menuliskan apa yang membuat Anda cemas membuatnya keluar dari kepala dan membuatnya tidak terlalu menakutkan.

Trik relaksasi ini sangat membantu bagi mereka yang mengalami kecemasan secara sporadis. Mereka juga dapat bekerja dengan baik dengan seseorang yang memiliki gangguan kecemasan umum (General Anxiety Disorder/GAD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com/Healthline

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement