Setop Pengeluaran Nonton di Bioskop, Impian Punya Rumah Bisa Tercapai

Ilustrasi bioskop. - Solopos/Burhan Aris Nugraha
13 Agustus 2019 11:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Biaya sering menjadi kendala seseorang mewujudkan keinginannya memiliki rumah atau mobil. 

Walaupun saat ini ada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), tetapi masyarakat masih perlu mengelola pembayarannya. Walaupun Down Payment (DP) sudah terlunasi, pastinya Anda berkewajiban untuk menyicil tiap bulannya hingga lunas keseluruhannya.

Apalagi, selama membayar cicilan Anda akan memikirkan pula bagaimana mengisi rumah dan memperbaiki mobil bila ada kerusakan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengurangi pos-pos pengeluaran anda untuk berhemat.

Keuangan

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho mengatakan bahwa pos pengeluaran yang sebaiknya dihemat ketika mengambil KPR dan KKB adalah pos kesenangan pribadi.

"Contohnya adalah seperti biaya untuk nonton bioskop, makan di luar, jajan, traveling, nongkrong di kafe, serta hobi," ujar dia kepada Okezone, Selasa (13/8/2019).

Dia menuturkan, sebelum mengambil kredit terutama KKB, pastikan bahwa Anda benar-benar butuh kendaraan dan bukan hanya untuk bergaya saja. Misalnya keluarga yang anaknya 2 atau lebih, tentu akan repot dan bahaya bila bepergian bersama menggunakan motor, maka itu butuh mobil.

"Lalu pilihlah kendaraan yang harganya sesuai dengan kemampuan bayar DP dan cicilan kita. Bila memang kemampuan terbatas, maka jangan pilih yang mewah dan ber-CC besar, tapi pilih yang fungsinya kita butuhkan," kata dia.

Dia menambahkan, untuk KPR tidak jauh beda dengan KKB di mana pilih yang sesuai kemampuan yang dimiliki. Bila terpaksanya harus membeli yang jauh dari tempat kerja.

"Maka carilah yang dekat dengan akses kendaraan umum. Seperti kereta api agar menghemat biaya dan tenaga ke kantor," ungkap dia.

Sumber : Okezone