Advertisement

Setop Pengeluaran Nonton di Bioskop, Impian Punya Rumah Bisa Tercapai

Newswire
Selasa, 13 Agustus 2019 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Setop Pengeluaran Nonton di Bioskop, Impian Punya Rumah Bisa Tercapai Ilustrasi bioskop. - Solopos/Burhan Aris Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Biaya sering menjadi kendala seseorang mewujudkan keinginannya memiliki rumah atau mobil. 

Walaupun saat ini ada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), tetapi masyarakat masih perlu mengelola pembayarannya. Walaupun Down Payment (DP) sudah terlunasi, pastinya Anda berkewajiban untuk menyicil tiap bulannya hingga lunas keseluruhannya.

Advertisement

Apalagi, selama membayar cicilan Anda akan memikirkan pula bagaimana mengisi rumah dan memperbaiki mobil bila ada kerusakan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengurangi pos-pos pengeluaran anda untuk berhemat.

Keuangan

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho mengatakan bahwa pos pengeluaran yang sebaiknya dihemat ketika mengambil KPR dan KKB adalah pos kesenangan pribadi.

"Contohnya adalah seperti biaya untuk nonton bioskop, makan di luar, jajan, traveling, nongkrong di kafe, serta hobi," ujar dia kepada Okezone, Selasa (13/8/2019).

Dia menuturkan, sebelum mengambil kredit terutama KKB, pastikan bahwa Anda benar-benar butuh kendaraan dan bukan hanya untuk bergaya saja. Misalnya keluarga yang anaknya 2 atau lebih, tentu akan repot dan bahaya bila bepergian bersama menggunakan motor, maka itu butuh mobil.

"Lalu pilihlah kendaraan yang harganya sesuai dengan kemampuan bayar DP dan cicilan kita. Bila memang kemampuan terbatas, maka jangan pilih yang mewah dan ber-CC besar, tapi pilih yang fungsinya kita butuhkan," kata dia.

Dia menambahkan, untuk KPR tidak jauh beda dengan KKB di mana pilih yang sesuai kemampuan yang dimiliki. Bila terpaksanya harus membeli yang jauh dari tempat kerja.

"Maka carilah yang dekat dengan akses kendaraan umum. Seperti kereta api agar menghemat biaya dan tenaga ke kantor," ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sastrawan Joko Pinurbo Wafat di Usia 61 tahun

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 10:10 WIB

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement