HASIL PENELITIAN: Posisi Tidur Ini Bisa Kurangi Nyeri saat Menstruasi

Ilustrasi Menstruasi - ist/classic105
13 Agustus 2019 20:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Posisi tidur diyakini berpengaruh mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

Setiap wanita pasti merasakan nyeri perut hingga terasa seperti melilit ketika datang bulan atau menstruasi tiba. Meskipun tidak semua wanita akan mengalami kondisi ini ketika menstruasi.

Tetapi, kebanyakan kasus nyeri haid dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Hal ini ada kaitannya dengan insomnia yang mungkin lebih sering terjadi atau kumat ketika menstruasi.

Pastinya kondisi tersebut tidak akan membuat wanita nyaman. Biasanya wanita akan mencari cara meredakan rasa sakit menstruasi dengan mengonsumsi minuman khusus atau lainnya.

Padahal nyeri haid ini bisa kita atasi dengan mengubah posisi tidur. Melansir dari Healthy Life Tricks, posisi tidur yang tepat bisa memengaruhi rasa sakit selama menstruasi akan lebih kuat atau sebaliknya.

Hal ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi bagi Anda yang wanita tidak ada salahnya untuk mencoba trik ini dalam meredakan rasa nyeri haid.

Bahkan hasil penelitian spesialis menyimpulkan bahwa ada posisi tidur yang ideal selama menstruasi dan itu membantu mengurangi rasa sakit.

Dalam posisi kram otot atau nyeri perut, ginekolog menyarankan wanita untuk tidur dalam posisi seperti janin.

Posisi tidur seperti janin ini mengarah pada relaksasi otot di daerah perut yang secara otomatis mengurangi intensitas kram perut.

Dokter juga merekomendasikan bahwa selama menstruasi, sebaiknya wanita menghindari tidur tengkurap. Karena, posisi ini bisa membuat menstruasi lebih deras di malam hari dan rasa sakit akan lebih kuat.

Trik lain yang dapat membuat wanita lebih muda melewati rasa sakit adalah mandi air hangat sebelum tidur atau pijatan lembut di daerah perut melalui gerakan memutar.

Sumber : Suara.com