Gampang, Ini Cara Mencegah Kulit Wajah Jadi Kusam

Ilustrasi kulit kering. - Pictagram
15 Agustus 2019 19:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Kulit bersih dan terawat tentu diimpikan banyak orang.

Menjadi cantik memang tak harus putih, tapi paling tidak kulit kita harus bersih terawat dan jauh dari kata kusam. Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit kusam dan tidak cerah, salah satunya malas membersihkan wajah.

Padahal, membersihkan wajah sebelum tidur sangat penting agar kotoran dan sisa-sisa makeup terangkat dari permukaan kulit.

Malas membersihkan wajah juga bikin jerawat bermunculan lho. Selain malas membersihkan wajah, apa lagi ya penyebab lain kulit kusam? Simak penjelasan yang dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini dan cara mengatasinya.

Tidak menggunakan sunscreen
Nah, buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, jangan pernah lupa pakai sunscreen ya. Mengaplikasikan skincare ini tidak membutuhkan waktu yang lama tapi hasilnya bisa kita rasakan secara langsung.

Jika diabaikan terlalu sering, kulit jadi kusam dan tak cerah lagi. Untuk mengatasinya, aplikasikan sunscreen sebelum keluar rumah dan pilih produk yang kandungan SPFnya tinggi.

Gonta-ganti skincare

Banyak orang yang tidak menyadari jika sering gonta-ganti skincare bisa membuat kulit kusam. Sering ganti produk akan membuat wajah bekerja dua kali lebih keras karena harus beradaptasi dengan produk baru.

Ingat, setiap produk punya estimasi waktu yang berbeda-beda untuk memberikan hasil. Sebaiknya bertahan gunakan skincare yang sudah cocok di kulit daripada gonta-ganti produk tapi tak memberikan hasil yang maksimal. Konsisten menggunakan satu produk juga membuat kulit bebas kusam.

Bayangkan jika jenis kulitmu berminyak tapi skincare yang kamu pakai cocok untuk kulit kering. Duh, pastinya wajah jadi semakin sensitif ya. Sebelum memakai satu produk skincare, sebaiknya sesuaikan dengan jenis kulit.

Perhatikan bahan-bahan dalam setiap produk yang akan kamu pakai. Jika sudah merasa cocok dengan produk tertentu, jangan ganti hanya karena tergoda skincare lain. Ingat resikonya lebih besar dari yang kamu duga. Selain bikin wajah kusam, kulit juga bisa bermasalah.

Sumber : Suara.com