Cukup Dilakukan Beberapa Menit, Meditasi Mampu Tingkatkan Produktivitas

Ilustrasi - soultrainingacademy.com
31 Agustus 2019 08:47 WIB Eva Rianti Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Banyak orang menyebutkan meditasi sebagai salah satu aktivitas yang memengaruhi kesehatan tubuh.  Memang tak dipungkiri bahwa meditasi dapat membuat hidup menjadi lebih sehat, apalagi mengingat dunia yang penuh dengan tekanan saat ini. Namun, sebagian orang merasa tidak menemukan waktu untuk melakukannya.

Mereka menganggap meditasi berarti duduk bersila di lantai, terhalang dari dunia untuk waktu yang lama, hingga berjam-jam. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar.  

Meditasi ternyata bisa dilakukan selama lima hingga 10 menit setiap hari, dan memberikan manfaat yang kuat bagi tubuh. Praktik ini disebut microdosing, dan ini merupakan pendekatan yang divalidasi secara ilmiah.

Menurut para peneliti, hal ini dapat membantu orang menangani gangguan, meningkatkan kemampuan untuk mempertahankan perhatian, dan menunjukkan waktu respons yang lebih cepat.

Berikut cara melakukan meditasi dalam waktu beberapa menit saja yang dapat membuat tubuh Anda lebih sehat.

Buat Diri Anda Nyaman

Anda tidak perlu menemukan kursi mewah atau apa pun. Anda dapat melakukan ini di mana saja Anda merasa nyaman, termasuk bangku taman atau bahkan di tempat tidur setelah bangun tidur.

Memberi Perhatian

Mulailah melatih perhatian Anda. Hitung napas Anda, masing-masing tarik napas dan buang napas. Lakukan hingga sekitar 10 kali tanpa kehilangan fokus. Rasakan ketenangannya.

Latihan Keterampilan Meta Awareness

Jika Anda sudah berhasil menghitung, lanjut latihan Anda ke meta awareness, yang merupakan kemampuan untuk mundur dari segala sesuatu yang berjalan di benak Anda.

Meta awareness dapat diartikan sebagai dimensi baru dalam kesadaran dengan mengamati dari sisi yang sangat segar dan lebih objektif.  

Melatih diri dalam kondisi kesadaran ini akan membuka wawasan terhadap diri, lantas berdampak pada bagaimana kita melihat dan memperlakukan diri.

Akhiri dengan Keinginan

Setelah melakukan beberapa tahapan di atas, akhirilah dengan keinginan karena dapat membantu Anda menjadi orang yang lebih baik. Ini biasanya disebut dengan giving merits.

Sumber : Bisnis.com/medicaldaily