Begini Cara Menjadi Ayah yang Baik ...

Ayah dan anak - Istimewa
10 September 2019 09:17 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -Menghadapi anak yang tengah beranjak remaja bisa jadi membingungkan dan penuh tantangan. Hal ini sering dihadapi para ayah. 

Hal ini terjadi karena pada masa remaja, situasi dan problem yang dihadapi bisa saja sangat kompleks dan beragam. Remaja rentan dengan masalah emosional, relasi, dan sebagainya.

Bagaimana caranya menjadi ayah yang penuh dengan ketenangan dan belas kasih kepada anak remajanya?

Ayah juga manusia biasa yang menghadapi berbagai lika-liku kehidupan. Untuk menjadi ayah yang baik bagi para remaja, dia harus mampu merawat diri secara emosional, fisik, dan spiritual. Hal ini penting karena untuk menolong anak-anak remaja, Anda perlu menjadikan diri Anda siap terlebih dahulu untuk memiliki sikap mental yang seimbang dan sehat.

Berikut beberapa cara untuk siap menjadi ayah yang baik bagi remaja:

1. Merawat kesehatan fisik dan mental

Ayah yang menghargai dan merawat kesehatan emosi dan fisik menyadari bahwa hal ini adalah salah satu hadiah terbaik yang dapat diberikan kepada keluarga. Banyak ayah yang terlalu tertekan, stres, dan secara fisik tidak sehat karena mengabaikan diri sendiri.

Ayah sebaiknya memperhatikan kesehatan fisik dengan baik misalnya dengan makan teratur, berolahraga, menjaga berat badan yang sehat, dan tidur yang cukup. Seiring dengan hal itu, kesehatan mental juga harus diperhatikan.

2. Jadilah orang yang pengasih, setia, dan pengertian

Merawat hubungan yang intim merupakan salah satu cara merawat diri sendiri. Tidak hanya dengan anak, pastikan untuk selalu merawat keintiman dengan pasangan. Jadilah suami dan ayah yang pengasih, setia, dan pengertian, hal ini akan turut menolong Anda bertumbuh sebagai pribadi yang bijaksana.

3. Tingkatkan kekuatan dan kemampuan untuk mendengar dan memahami anak-anak Anda

Hubungan yang sehat dengan anak-anak Anda adalah salah satu hadiah terbaik yang dapat Anda berikan kepada diri sendiri. Jadilah ayah yang mau mendengarkan, sekaligus juga mendukung dan pengertian.

Sumber : bisnis.com