Tipe Bibir Beda-Beda, Begini Cara Memulas Lipstik Biar Cantik Maksimal ...

Ilustrasi lipstik - Reuters
11 September 2019 02:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Lipstik menjadi salah satu langkah paling krusial dalam make-up untuk membuat penampilan semakin sempurna. Namun, mengingat setiap orang memiliki bentuk bibir yang berbeda-beda, penting loh untuk mengetahui langkah alias cara yang tepat dalam memulas lipstik.

Seperti apa tips memulas lipstik untuk masing-masing tipe bibir yang berbeda?

Menyitat Boldsky, Selasa (10/9/2019) berikut di bawah ini paparan tips simpel memulas lipstik untuk delapan tipe bibir berbeda.

1. Bibir tipis

Langkah pertama, pakai lip balm agar bibir tetap lembut. Lalu jika nyaman, aplikasikan teknik konturing bibir agar dapat membentuk bibir agar tampak lebih penuh. Gunakan lip liner untuk menggarisbawahi bibir, di sini harus sangat tepat dengan garis batasnya. Pilih warna lip liner yang lebih dekat dengan warna kulit. Tap-tap sedikit lip liner sehingga menyatu dengan baik. Terakhir, oleskan lipstik warna nude lalu baru pleskan sedikit lip gloss atau lipstik glossy di bagian tengah bibir, ratakan dengan baik menggunakan jari-jari tangan.

2. Bibir lebar

Gunakan lip liner untuk menggambar dan menekankan bagian busur cupid, agar bagian tengah bibir jadi titik utama. Pulaskan lipstik nude lalu tumpuk lagi dengan lipstik glossy bagian tengah bibir. Gunakan warna eyeshadow yang tebal dan padukan dengan lipstik warna nude. Oleskan blush on dan highlighter di tulang pipi, ini akan mengalihkan perhatian orang yang melihat dari bibir dan mengalihkannya ke bagian pipi.

3. Bibir kecil

Buat garis (liner) dengan tepat menggunakan lip liner, dan rentangkan lip liner sedikit di bibir. Pilih lip liner berwarna senada dengan warna shade kulit bibir. Penuhi volume bibir dengan lip liner, oleskan lipstik dan ratakan dengan baik. Pakai warna lipstik yang lebih terang dan cerah dan ingat untuk menambahkannya dengan lipstik glossy atau lip gloss. Hindari memakai lipstik dengan warna yang lebih gelap, karena cenderung membuat bibir malah jadi terlihat lebih kecil.

4. Bagian bawah tebal dan besar

Overline bibir bagian atas dengan menggunakan lip liner yang cocok dengan warna kulit, atau bisa juga dengan melapisi bibir bawah jika mau, tetapi jangan dibuat garis ya! Oleskan lipstik di bibir, tap-tap hingga merata. Bubuhkan eyeshadow matte warna nude atau putih di tengah-tengah hanya di bagian bibir atas lalu ratakan.

5. Bibir atas besar dan tebal

Overline bibir bagian bawah, memakai lip liner yang cocok dengan warna kulit. Oleskan warna lipstik yang lebih terang pada bibir bawah dan warna bibir yang lebih gelap di bibir atas, ratakan dengan baik. Oleskan eyeshadow matte warna nude atau putih di tengah bibir bawah, ratakan. Trik ini akan membuat bibir bawah terlihat lebih bervolume sehingga tampak seimbang dengan bibir bagian atas.

6. Bibir tidak rata

Manfaatkan lip liner sebaik mungkin, buat garis bibir serapi dan semaksimal mungkin. Buat agar garis bibir ini agak tercoreng sedikit agar tampak alami, baru kemudian pulas lipstik warna favorit.

7. Bibir rata

Bibir rata ini maksudnya, bentuk bibir yang dimiliki adalah bentuk bibirnya tidak menonjol dan memiliki kedalaman yang rendah. Triknya adalah, tebalkan garis bibir memakai menggunakan lip liner dengan presisi. Oleskan warna lipstik yang lebih cerah daripada warna lip liner, pulaskan lipstik dengan sedikit gloss di bagian tengah bibir. Selain itu, bisa juga mengaplikasikan gaya ombre bibir juga dengan mengoleskan lipstik, memakai dua hingga tiga warna lebih terang daripada warna lip liner. Hindari warna lipstik bernuansa gelap, pilihlah warna lipstik yang berwarna-warna lembut dan cerah.

8. Bibir penuh

Pakai lip liner untuk membuat underline bibir, garis bawahi bibir dengan garis yang presisinya tepat ya. Aplikasikan warna lipstik nude yang lembut di seluruh bibir, dan pilihlah yang tipenya matte bukan glossy. Jangan aplikasikan glossy di bagian tengah bibir, karena ini malah akan membuat bibir semakin penuh.

Sumber : antara