Benarkah Mencukur Rambut di Tubuh Membuatnya Tumbuh Lebih Lebat?

Ilustrasi. - Reuters
20 September 2019 21:07 WIB Newswire Lifestyle Share :


Harianjogja.com, JOGJA-- Rambu di bagian tubuh tertentu kadang dianggap membuat tidak nyaman atau mengganggu penampilan. Karenanya, ada kebiasaan mencukur atau mencabut rambut di bagian tertentu.

Namun, ada beberapa mitos yang masih berkembang di masyarakat tentang mencukur bulu atau rambut tubuh. Salah satunya adalah 'mencukur rambut akan membuatnya tumbuh lebih panjang', benarkah?

"Tidak. Mencukur rambut tidak akan mengubah ketebalan, warna atau tingkat pertumbuhannya," tutur Lawrence E. Gibson, MD, dari Mayo Clinic.

Mencukur bulu tubuh atau wajah akan membuat ujungnya tumpul. Inilah yang membuatnya terlihat lebih gelap atau lebih tebal, tapi sebenarnya tidak.

"Jika Anda tiba-tiba merasakan peningkatan pertumbuhan rambut wajah atau tubuh, bicarakan dengan dokter. Ini bisa saja efek samping obat atau tanda kondisi medis yang mendasarinya," sambungnya.

Meski begitu, faktanya setiap orang memiliki tingkat pertumbuhan rambut yang berbeda.

Melansir Healthline, tidak ada aturan pasti tentang seberapa sering Anda perlu bercukur. Namun Anda harus memperhatikan bagaimana rambut Anda tumbuh dan penampilan kulit setelah dicukur.

Kemungkinan Anda tidak perlu bercukur setiap hari. Pisau cukur tidak hanya akan memotong rambut Anda, tetapi juga mengambil sel-sel kulit.

Kecuali ketika Anda menyukai penampilan bersih, ketika tidak ada rambut sama sekali. Anda dapat melakukannya setiap dua atau tiga hari sekali.

Saat mencukur, jangan lupa untuk menggunakan krim cukur atau basahi kulit dengan air hangat. Hal ini akan membantu pisau cukur berfungsi lebih baik dan juga mengurangi iritasi.

Sumber : Suara.com