Advertisement

4 Produk Ini Harus Kamu Miliki untuk Tangkal Penuaan Dini

Newswire
Rabu, 25 September 2019 - 12:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Produk Ini Harus Kamu Miliki untuk Tangkal Penuaan Dini Foto Ilustrasi. - Istimewa/Shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Semua perempuan akan merasakan kulit menua ditandai bintik hitam, kulit mengendur, dan kerutan, seiring bertambahnya usia.

Tapi, kulit cepat menua karena faktor gaya hidup dan lingkungan, contohnya merokok, sinar matahari, dan paparan polusi. Nah, bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan kulit agar sehat dan tampak awet muda, bisa mencegahnya dengan beberapa produk anti aging berikut ini ampuh memperlambat penuaan dini.

Advertisement

Menurut American Academy of Dermatology, hal itu bisa dilakukan dengan mengurangi paparan sinar matahari, makan makanan sehat, berhenti merokok, dan cukup tidur dilansir Hello Sehat.

Tidak hanya itu, kulit juga butuh perawatan dari beberapa anti-aging, seperti:

1. Sunscreen (tabir surya)

Sinar matahari terdiri atas UVA dan UVB. Keduanya diketahui dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit dengan menimbulkan perubahan tekstur kulit dan pigmentasi yang tidak merata.

Untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari tersebut, Anda butuh sunscreen. Produk ini disebut-sebut sebagai anti-aging terbaik. Cara kerja produk ini adalah menyaring radiasi ultraviolet sehingga paparannya menjadi lebih kecil.

Pilihan sunscreen terbaik untuk mencegah penuaan dini, yakni yang memiliki spektrum luas. Itu artinya, dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pasalnya, kebanyakan sunscreen hanya melindungi kulit dari sinar UVA.

Tabir surya yang dapat melindungi kulit dari sinar UVB biasanya dilabeli SPF (sun protecting factor). Pastikan Anda membeli tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30.

Pilihlah juga sunscreen yang mengandung bahan seperti Avobenzone, benzophenones, sinamat, dan salisilat.

Agar sunscreen bekerja lebih maksimal, Anda perlu mengoleskan sunscreen setiap 2 jam sekali.

2. Pelembap wajah

Produk anti-aging selanjutnya yang perlu Anda pakai adalah pelembap wajah. Pelembap umumnya digunakan untuk menjaga kelembapan kulit.

Namun, fungsinya tidak hanya itu. Pelembap juga bisa membuat kulit Anda tetap kenyal dan mencegahnya kering.

Selain kandungan lactic acid, emollient dan air, pelembap yang baik juga dilengkapi vitamin, salah satunya vitamin A, E, dan C.

Vitamin tersebut dapat merangsang produksi kolagen (protein untuk kulit). Sifat antioksidan dari vitamin tersebut juga bisa melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Supaya efektif, Anda harus menggunakan pelembap sesering mungkin. Bukan hanya setelah mandi saja. Usahakan memakai pelembap setelah Anda membasuh wajah. Tujuannya agar pelembap mengunci air dan mencegah kulit jadi kering.

3. Krim atau serum antikerutan
Selain pelembap dan sunscreen, Anda juga perlu menggunakan krim antikerut. Produk anti-aging ini tersedia dalam berbagai bentuk, seperti losion, krim, atau serum.

Sebenarnya, krim ini juga termasuk golongan pelembap. Namun, dilengkapi dengan bahan-bahan aktif yang bisa meningkatkan warna kulit, menjaga tekstur kulit tetap kenyal, dan mencegah terbentuknya garis halus maupun kerutan.

Beberapa bahan aktif yang terkandung antara lain, retinol, vitamin C, alpha hydroxy acids (AHAs), atau niacinamide (vitamin B3). Gunakanlah satu atau dua kali sehari setelah kulit dibersihkan.

4. Krim mata

Produk anti-aging lainnya yang perlu Anda lengkapi sebagai perawatan anti penuaan adalah krim mata.

Produk yang satu ini menjadi penting karena kulit area mata biasanya lebih dulu menunjukkan garis-garis halus yang membuat wajah terlihat lebih tua.

Krim mata bertugas layaknya seperti pelembap, yakni menghidrasi kulit sekitar mata. Perlu Anda ketahui bahwa kulit yang kering sangat rentan menciptakan kerutan. Dengan menjaga keseimbangan air di kulit, kulit tidak kering dan tentunya kerutan tidak terbentuk.

Kandungan krim mata tidak berbeda jauh dengan krim antikerut lainnya, yaitu retinol, vitamin, dan hyaluronic acid. Hanya saja diformulasikan lebih aman untuk kulit sekitar mata yang lebih tipis ketimbang area kulit lainnya di wajah.

Wajah awet muda bisa didapatkan jika Anda menjaga gaya hidup sehat dan perawatan di atas, coba yuk untuk mencegah penuaan dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com/Hello Sehat

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement