Jangan Abaikan Rasa Sakit Setelah Berhubungan Seks, Bisa Jadi 3 Hal Ini Penyebabnya

Ilustrasi hubungan intim - bomjardimnoticia.com
25 September 2019 16:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Seusai berhubungan seksual, perlu memerhatikan apa yang dirasakan oleh tubuh. Jika ada keluhan di bagian tubuh tertentu, hal ini sebaiknya tidak diabaikan begitu saja. Apalagi jika Anda merasa sakit setelah berhubungan seks. Hal tersebut bisa jadi tanda kondisi medis tertentu.

Dilansir dari timesofindia, berikut beberapa alasan mengapa Anda merasa tidak nyaman atau sakit setelah berhubungan intim dengan pasangan.

1. Sexual aversion disorder atau gangguan keengganan sosial

Ada beberapa alasan mengapa Anda kehilangan minat pada hubungan seksual dan aktivitas seksual. Bahkan ini bisa menjadi cara bagi tubuh untuk memberi tahu Anda bahwa Anda tidak sepenuhnya nyaman dengan apa yang baru saja terjadi.

Jika Anda curiga diri Anda mengalami gangguan keenggan seksual yang mungkin akibat dari pengalaman tidak menyenangkan, penting untuk Anda untuk meminta bantuan ahli. Anda bisa menjalani terapi atau berkonsultasi dengan ahli untuk mengatasi hal tersebut.

2. Endometriosis

Jika Anda mengalami rasa sakit yang hebat dan mual setelah berhubungan intim, bisa saja hal tersebut karena endometriosis.

Ini merupakan kondisi di jaringan yang melapisi rahim (endometrium) tumbuh pada organ panggul lainnya. Mual bisa terjadi jika adanya tekanan pada jaringan yang tumbuh di luar rahim.

Untuk itu, jika Anda mengalami rasa sakit setelah berhubungan intim, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter ya.

3. Stimulasi serviks

Jika penetrasi saat berhubungan intim cukup dalam untuk merangsang leher rahim (mulut rahim), bisa menyebabkan rasa sakit dan mual. Hal ini juga bisa menyebabkan kram dan ketidaknyamanan saat berhubungan seks.

Sumber : Suara.com