Bangun Tidur Langsung Cek Ponsel. Ternyata Ini Akibatnya ...

Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto
26 September 2019 13:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Apa yang biasa Anda lakukan setelah bangun pagi? 

Nah, hampir semua orang memiliki kebiasaan membuka ponsel setelah bangun tidur. Baik melihat notifikasi pesan, media sosial, email atau apapun yang berkaitan dengan gadget. Benar kan? 

Sayangnya, kebiasaan membuka ponsel setelah bangun tidur justru memberikan dampak buruk pada pikiran. Tristan Harris, mantan Ethicist Desain Google telah mempelajari bagaimana teknologi mengeksploitasi kelemahan pikiran orang.

Melansir dari Business Insider, Harris mengatakan kebiasaan membuka ponsel lalu melihat notifikasi saat bangun tidur pagi hari. Hal itu bisa membingkai pengalaman seseorang ketika bangun di pagi hari.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kebiasaan melihat notifikasi ponsel ketika bangun bisa memicu stres. Mereka lantas melakukan survei terhadao 2.000 pekerja di Inggris untuk membuktikan hal tersebut.

Peneliti menemukan para pekerja yang memiliki kebiasaan melihat notifikasi setelah bangun tidur berkaitan dengan perasaan cemas yang lebih tinggi.

Dalam analisis lain di University of British Columbia, juga dilakukan penelitian terhadap 124 mahasiswa dan profesor yang selalu melihat ponsel ketika pertama kali bangun tidur.

Selama satu minggu, mereka yang menjalankan kebiasaan tersebut cenderung lebih stres. Lalu pada minggu berikutnya, mereka diminta hanya membuka ponsel ketika bangun tidur tiga kali seminggu. Selain itu, mereka juga diminta menonaktifkan semua notifikasi.

Hasilnya, para peserta memiliki tingkat stres jauh lebih rendah daripada ketika punya kebiasaan selalu membuka notifikasi setelah bangun tidur.

Karena itu, Harris menyarankan agar semua orang fokus pada aktivitas lain daripada ponsel ketika bangun tidur. Dia menyontohkan lebih baik berolahraga atau menyeduh secangkir kopi di pagi hari sebelum membuka ponsel.

Sumber : suara.com