Hati-hati! Ini Dampak jika Kurang Tidur Berhari-hari

Ilustrasi tidur. - qz.com
28 September 2019 20:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Orang dewasa kerap mengalami kesulitan untuk tiudr. Padahal hal ini bisa memicu serangkaian masalah kesehatan.

Sebuah studi kecil baru yang dilakukan oleh para peneliti dari Pennsylvania State University, menemukan kurang tidur selama empat malam dapat mengubah cara tubuh Anda menyimpan lemak, yang bisa mengarah pada risiko obesitas.

Menurut penelitian pada partisipan yang tidur kurang dari lima jam selama empat malam berturut-turut, kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin peserta.

Insulin adalah hormon yang pada dasarnya dibutuhkan untuk mendapatkan glukosa dari aliran darah ke dalam sel.

Tingginya kadar insulin menyebabkan tubuh mengambil lemak lebih cepat dari makanan dan menyimpannya secara cepat pula yang dapat menaikkan berat badan.

Dr Greg Shearer, salah satu penulis studi mengatakan masalah utama dalam obesitas adalah bagaimana fungsi jaringan lemak menyimpan energi lemak.

“Dengan menyimpan lemak secara cepat, jaringan lemak tampak mengubah penggunaan bahan bakar dari lemak dan memprioritaskan penggunaan gula untuk bahan bakar," kata Dr Shearer, melansir World of Buzz.

Namun sayangnya penelitian ini hanya dilakukan pada 15 partisipan pria sehat berusia 20 tahunan, yang mungkin bukan representasi populasi yang akurat.

Meski begitu, Anda masih tidak dapat mengabaikan fakta bahwa kurang tidur menyebabkan banyak masalah kesehatan di kemudian hari.

Sumber : suara.com