Kurangi Lemak di Perut dengan 5 Langkah Mudah

Muay Thai bantu membakar kalori - Istimewa
01 Oktober 2019 14:57 WIB Ria Theresia Situmorang Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tidak hanya mengganggu penampilan, kelebihan lemak di sekitar perut juga merdampak kondisi kesehatan yang buruk. 

Kelebihan lemak di perut juga berportensi meningkatkan risiko penyakit obesitas, serangan jantung, hingga kanker. Faktanya memang, lemak di perut memang salah satu jenis lemak yang sulit untuk dihilangkan. 

Dikutip dari Times of India, ada berbagai cara untul mengurangi kelebihan lemak di daerah lingkar pinggang Anda, yang diuraikan sebagai berikut:

1. Atur defisit kalori

Untuk pembakaran lemak yang maksimum, Anda perlu mengatur pola makan yang umumnya disebut defisit kalori atau mengonsumsi kalori yang kurang dari asumsi idealnya. Cobalah untuk mengontrol porsi makan Anda dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan ketimbang karbohidrat seperti nasi, mi dan roti. 

2. Olahraga kardio

Tidak ada penurunan berat badan yang ideal tanpa diimbangi dengan olahraga yang benar. Orang yang memiliki metabolisme lambat yang ditandai dengan lamanya masa pengurangan berat badan pun dapat mencoba teknik olahraga untuk mengurangi berat badan secara bertahap. Namun, untuk mengurangi massa lemak di dalam tubuh perlu diperbanyak melakukan aktivitas olahraga kardio seperti berlari, bersepeda, tinju, body combat hingga muay thai. 

3. Tambahkan lemak baik dan protein pada makanan

Ketika  berusaha menurunkan berat badan, setiap tambahan makanan akan terasa seperti kalori yang bisa mengendap lama di jaringan lemak. Jenis makanan selain sayuran dan buah buahan yang disarankan untuk dikonsumsi untuk mengurangi kelebihan lemak di perut adalah lemak baik seperti alpukat dan protein seperti kacang, ikan dan tahu.

4. Tidur berkualitas

Percaya atau tidak, dengan tidur yang cukup Anda bisa mengurangi lapisan lemak yang tertimbun dalam perut Anda. Kurang tidur secara langsung dapat membuat kadang gula meningkat, ditambah dengan hormon yang membuat Anda terus merasa lapar juga semakin menjadi-menjadi. Maka dari itu, Anda sangat disarankan untuk tidur cukup 8 jam per hari.

5. Bersabar

Jika Anda memiliki metobolisme tubuh yang lambat, maka satu-satunya sikap yang perlu Anda teladani setelah melakukan empat instruksi di atas adalah bersabar. Pengurangan berat badan tidak terjadi dalam satu malam, sehingga Anda yang memiliki metabolisme lambat pun harus berusaha ekstra keras dibanding mereka yang memiliki kondisi tubuh yang cepat 'menyusut'. Pahamilah kalau kerja keras Anda akan sangat menyita waktu dan energi, namun proses tidak akan mengkhianati hasil. 

Sumber : Bisnis.com