Advertisement

Jangan Takut Kerja di Perusahaan Kecil atau Startup, Ini Manfaat yang Bakal Anda Dapatkan

Nancy Junita
Minggu, 20 Oktober 2019 - 05:57 WIB
Nina Atmasari
Jangan Takut Kerja di Perusahaan Kecil atau Startup, Ini Manfaat yang Bakal Anda Dapatkan Co-working space. - UnionSPACE

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak orang berkeinginan bisa bekerja di perusahaan besar. Karenanya, ketika perusahaan besar membuka lowongan,  ribuan pekerja bersaing untuk melamar. Tetapi ketika lamaran sudah disebar, dan tidak ada panggilan dari perusahaan yang kita inginkan, apakah yang sebaiknya dilakukan?
 
Saat inilah mungkin waktu yang tepat untuk mengevaluasi kembali prospek Anda dan melamar pekerjaan di perusahaan startup.

Banyak manfaat yang dapat Anda dapatkan dan pengalaman bekerja di perusahaan startup. Perusahana ini juga dapat membantu Anda untuk mengembangkan keahlian lebih banyak lagi.

Advertisement

Pertimbangkan beberapa alasan di bawah ini jika Anda berpikir berkerja di perusahaan kecil atau startup adalah suatu kesalahan seperti kutip dari keterangan tertulis JobStreet.com Indonesia, Kamis (17/10/2019):

Anda kenal semua orang dan semua orang mengenal Anda.

Perusahaan-perusahaan kecil membanggakan dirinya dengan keakraban dan budaya yang berbeda, Anda kenal semua orang dan semua orang mengenal Anda. Setiap orang mengenal orang lainnya dengan baik terkadang bahkan di level pribadi. Tentu saja, keakraban jenis ini memupuk hubungan kerja yang sehat yang mengarah pada kerjasama yang dekat di antara anggota yang juga meningkatkan produktivitas. Sebaliknya, Anda dapat menghabiskan tahunan untuk bekerja di perusahaan besar dan bahkan mungkin tidak tahu nama asli dari orang yang duduk di kubikel bersebelahan dengan Anda.

Anda bekerja dekat dengan manajemen atas.

Menjadi seorang pekerja di perusahaan kecil berarti bekerja lebih dekat dengan para pemilik, manajer, dan bahkan investor perusahaan. Bekerja dekat dengan manajemen atas seringkali menjaga alur kerja dan loyalitas.  Lebih dari itu, bekerja dengan manajemen atas memberikan Anda kesempatan untuk menunjukkan hal-hal berguna dan unik yang Anda miliki untuk perusahaan.   

Prestasi-prestasi Anda lebih terlihat.

Di sebuah perusahaan kecil, tidak ada perbuatan baik yang tidak diketahui. Sebagai seorang pekerja, Anda menjadi suatu bagian instrumental dari organisasi tersebut dan tidak hanya sebagai seseorang yang hampir tidak ada artinya untuk perusahaan. Anda selalu terlibat dalam setiap pergerakan yang sedang berjalan. Jadi, Anda akan datang ke kantor setiap hari dengan merasa bahwa Anda benar-benar sedang melakukan sesuatu yang produktif dalam hari Anda. Tidak akan sulit bagi siapa saja untuk mengetahui kontribusi Anda untuk perusahaan. Dan ketika mereka tahu, Anda akan merasa lebih dihargai

Anda bisa dengan mudah meningkatkan Keterampilan.

Walaupun deskripsi pekerjaan Anda mungkin didefinisikan secara sempit, tanggung jawab Anda seringkali jauh lebih bervariasi. Ketika hal ini mungkin kedengarannya tidak positif atau berguna bagi para pekerja, mereka yang ingin menantang diri mereka sendiri untuk belajar ketrampilan-ketrampilan baru untuk dipelajari akan pasti menikmati bekerja untuk perusahaan kecil. Hal ini mematahkan kemonotonan tugas yang buruk yang sebagian besar orang takutkan ketika bekerja untuk perusahaan-perusahaan besar.

Anda menciptakan kesempatan Anda sendiri.

Pernahkan Anda merasa terjebak dalam posisi di mana Anda berada?

Dalam sebuah organisasi yang lebih kecil, Anda mempunyai kekuatan dan fleksibillitas untuk merencanakan jalan karir  sendiri. Bahkan, Anda tetap dalam proses merencanakan masa depan (terkait pekerjaan), kesempatan-kesempatan besar seringkali diusahakan untuk mereka yang benar-benar layak mendapatkannya. Jika Anda benar-benar bekerja keras untuk menjadi “seseorang yang layak” kemudian siapa tahu seberapa jauh kesempatan ini dapat membawa Anda.

Lebih besar tidak selalu berarti lebih baik. Ingatlah hal ini dalam benak Anda ketika mentargetkan suatu perusahaan yang potensial bagi Anda untuk bekerja.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantah Ada Kisruh Internal Soal Penetapan Caleg Terpilih, PDI Perjuangan Sleman: Kami Solid

Sleman
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement