Ingin Awet Muda? Ini 5 Makanan yang Bisa Mencegah Penuaan Dini

Semangka. - Antarafoto
31 Oktober 2019 06:57 WIB Newswire Lifestyle Share :


Harianjogja.com, JOGJA - Seiring pertambahan usia manusia, ada perubahan pada tubuh mereka. Salah satunya adalah kulit keriput dan kulit kering saat menginjak usia 30 tahun.

Hal ini memang sangat alami terjadi dengan banyak faktor. Faktor eksternal, seperti polusi udara. Sedangkan faktor internal, bisa muncul karena stres berat.

Namun jangan panik daulu, penuaan dini bisa dicegah dengan mengonsumsi beberapa makanan anti-aging yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh.

Dilansir dari laman Health, di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu kamu untuk tetap awet muda. Apa saja?

1. Semangka

Buah berwarna merah dan memiliki banyak air ini, mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat tinggi. Kandungan ini sangat efektif untuk mencegah kulit keriput.

Selain itu, buah semangka juga bisa mengatasi masalah seksual karena kandungan asam amino yang bisa melancarkan peredaran darah dengan melebarkan pembuluh darah.

Fungsi kandungan asam amino ini dapat membantu buat para pria yang mengalami kesulitan karena mencapai ereksi atau ejakulasi karena usia.

2. Delima merah

Buah ini mengandung polifenol yang bisa melawan radikal bebas dan vitamin C yang tinggi untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Selain itu, buah delima merah juga mengandung senyawa pulicanagin yang bisa membantu tubuh menyimpan kolagen dan menjaga kesehatan jaringan kulit.

3. Jamur

Jamur juga kaya akan berbagai mineral, seperti kalium dan selenium, yang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, terutama pada saraf otak.

Selain itu, jamur juga bisa menjadi makanan anti kanker karena kemampuannya membunuh dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

4. Kacang-kacangan

Kacang merah, kacang almond, kacang tanah, dan kacang mete merupakan pilihan kacang terbaik yang bisa membantu mencegah penuaan dini. Kacang kaya akan protein, serat, dan omega 3, tetapi bebas dari lemak jenuh.

5. Cokelat

Nah, bila kamu penggemar cokelat, usahakan untuk memilih cokelat pahit daripada milk chocolate,yang mengandung banyak lemak dan gula. Cokelat pahit biasanya mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa membuat kamu lebih awet muda.

6. Wortel

Sayuran berwarna oranye ini mengadung beta karoten yang sangat penting untuk tubuh. Beta karoten adalah vitamin A, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan serta dapat membantu memperlambat penuaan kulit.

Selain itu, wortel mengandung antioksidan yang juga dapat menangkal penuaan untuk seluruh tubuh.

Sumber : Suara.com