Advertisement

Ini Sebabnya Botol Air Minum Harus Dicuci secara Rutin

Newswire
Rabu, 06 November 2019 - 16:07 WIB
Nina Atmasari
Ini Sebabnya Botol Air Minum Harus Dicuci secara Rutin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Saat ini, semakin banyak orang memilih membawa minum dengan botol dari rumah. Selain lebih sehat, membawa botol air minum juga membuat hemat serta mengurangi sampah plastik.

Namun apakah kamu rajin mencucinya setiap hari?

Advertisement

Menurut ahli mikrobiologi dan peneliti senior dari Lembaga Penelitian Murdoch Children Australia, Celeste Donato, botol air minum harus dibersihkan secara teratur.

Ia menyarankan untuk mencuci botol setelah setiap kali usai digunakan.

Sebab, bukan air dalam botol yang menjadi masalah, melainkan area di mana mulut bersentuhan dengan botol setiap kali minum.

"Mulut Anda dapat mengandung virus dan bakteri yang mungkin masuk ke botol air saat minum. Sebagian besar bakteri dan virus itu tidak akan membuat Anda sakit, tetapi mereka dalam kondisi yang berbeda-beda” kata Donato seperti dikutip dari Bustle.

Sebab meski sudah rajin menyikat gigi, mulut dan air liur dapat mengandung bakteri yang tertinggal setelah selesai minum. Menurut menurut Journal of Microbiology, ada lebih dari 700 jenis bakteri yang hidup di mulut.

Bakteri-bakteri tersebut bisa tersebar jika kita berbagi botol dengan orang lain dan tidak mencucinya. Belum lagi jika kita menyentuh bagian tersebut dengan tangan.

"Anda menyentuh banyak permukaan yang berbeda sepanjang hari, beberapa di antaranya mungkin sangat kotor seperti rel tangan di angkutan umum dan pegangan pintu di toilet umum, mengambil bakteri dan virus di tangan Anda," kata Donato.

Untuk membersihkan botol air minum, sebaiknya isi dulu dengan air hangat dan tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring kemudian kocok.

Selanjutnya, bilas botol beberapa kali sampai bersih dan tidak berbau sabun. Anda juga bisa membersihkan botol air minum menggunakan cuka atau soda bikarbonat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perhatian! Berikut Syarat dan Tahapan Paslon Maju Lewat Jalur Independen di Pilkada Sleman

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Dampak Serangan Israel ke Iran, Harga Minyak Melonjak

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement