Ini Alasan Anda Jangan Pernah Pakai Body Lotion di Wajah

Ilustrasi - Skinadvice
07 November 2019 11:57 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Cuaca panas maupun dingin menyebabkan kebutuhan dan pentingnya pelembab semakin meningkat. Saat cuaca dingin menjadi vital membuat kulit tubuh tetap terhidrasi, termasuk juga saat musim panas.

Karena itu sangat penting memastikan asupan cairan di tubuh Anda cukup, termasuk menhidrasi kulit dengan pelembab.

Pakai pelembab atau moisturizer adalah sebuah keharusan, untuk memastikan kulit tetap lembab dan pada akhirnya mengurangi efek penuaan dini.

Banyak orang yang mengabaikan hal ini. Bahkan ada beberapa orang yang rajin memakai body lotion tapi malas memakai pelembab wajah.

Padahal, semua lapisan kulit di tubuh membutuhkan pelembab. Dari mulai, kaki, tangan, tubuh, hingga wajah. Jenisnyapun berbeda, antara pelembab tubuh dan wajah. Jadi, jangan sesekali Anda memakai lotion di wajah Anda karena akan berdampak kurang baik pada kulit Anda sendiri.

Berikut alasan mengapa sebaiknya tidak pernah memakai body lotion di wajah Anda:

1. Ada perbedaan pada kulit di wajah dan tubuh Anda

Alasan pertama mengapa Anda tidak boleh menggunakan body lotion di wajah adalah karena kulit di wajah dan tubuh Anda berbeda. Dengan demikian, mereka memiliki serangkaian persyaratan yang berbeda dan perlu ditangani secara berbeda sesuai dengan tekstur kulit. Kulit di wajah Anda jauh lebih halus dan tipis dibandingkan dengan kulit di seluruh tubuh Anda.

PH, suhu, kapasitas kehilangan air, dan aliran darah pada kulit wajah dan tubuh berbeda. Selain itu, kulit wajah Anda lebih terbuka. untuk sinar UV berbahaya dari matahari dan kondisi yang lebih keras dan karenanya perlu dimanjakan secara berbeda. Dan dengan demikian, menggunakan lotion tubuh di wajah Anda amat sangat tidak disarankan.

2. Formulasi body lotion dan moisturizer berbeda

Lotion tubuh dan pelembab wajah memiliki formulasi yang berbeda karena mereka menargetkan tekstur dan kebutuhan kulit yang berbeda. Sederhananya, body lotion mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak kulit wajah. Gagasan utama di balik pelembab wajah adalah untuk meningkatkan hidrasi kulit dan menghilangkan kulit kering, khususnya, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, memiliki manfaat anti-penuaan dan mencegah hilangnya kelembaban dari kulit.

Lotion tubuh, di sisi lain, memiliki konsistensi yang kental, mereka menambahkan kelembaban pada kulit, melindunginya dan juga mengandung bahan kimia yang membantu menyegel kelembaban di tempat. Dengan demikian, body lotion adalah formula yang keras dan berat yang tidak dimaksudkan untuk kulit halus di wajah.

3. Dapat menyebabkan berbagai masalah kulit

Kulit wajah digunakan dihadapkan dengan masalah seperti jerawat, komedo dan noda. Jadi, kita membutuhkan produk untuk kulit yang non-comedogenik yaitu salah satu yang tidak akan menyumbat pori-pori kulit untuk menyebabkan atau memperburuk masalah kulit ini.

Lotion tubuh memiliki lebih banyak aroma dan bahan kimia yang lebih keras di dalamnya yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat pada kulit dan dengan demikian merusak kulit wajah. Juga, menggunakan lotion tubuh pada wajah juga dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit wajah.

Sumber : Bisnis.com/Boldsky