Anda Merasa Kesepian? Ini 5 Tips Mengatasinya

Seseorang merasakan kesepian - Istimewa
10 November 2019 03:17 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -Dalam hidup, manusia pasti pernah mengalami kesepian. Meskipun tidak setiap saat seseorang merasa kesepian, tapi ada beberapa momen dalam hidupnya pasti merasakan hal ini.

Kesepian bisa terjadi pada siapa saja. Bukan hanya mereka yang tidak punya teman, tidak punya pasangan atau keluarga. Kesepian lebih pada perasaan yang ada dalam diri seseorang yang merasa sendirian dan tidak memiliki siapapun yang bisa mengerti tentang dirinya.

Kesepian juga bisa timbul akibat melihat media sosial dimana seseorang melihat orang lain membagikan kesenangan sementara dirinya tidak bisa melakukannya.

Meski kesannya sepele, namun kesepian bisa memicu beragam penyakit fisik, seperti jantung, insomnia, dan depresi. Karena itu, penting untuk menghindari rasa kesepian untuk kesehatan mental dan fisik Anda.

Berikut beberapa tips mengatasi rasa kesepian membelenggu kehidupan Anda seperti dilansir dari Femalefirst.co.uk:

1. Benamkan diri Anda ke dalam pekerjaan

Menjadi workaholic membuat Anda tetap sibuk sepanjang hari. Baik di tempat kerja atau di rumah, jagalah diri Anda dengan upaya 100% untuk semua yang Anda lakukan. Ini pada gilirannya akan membantu untuk menghalangi pemikiran negatif, memastikan Anda memiliki pola pikir yang benar untuk hari yang positif.

Ide sederhananya adalah menempatkan musik di mana pun Anda pergi. Memiliki headphone dapat membantu Anda lebih fokus dan menemukan genre musik yang menenangkan dapat membantu Anda bersantai. Jika lingkungan kerja Anda saat ini tidak memutar musik, minta itu. Suasana di kantor akan segera terangkat dan memiliki nyanyian lama dapat membangkitkan semangat. Jika semua orang bergabung, Anda akan merasa lebih dekat dengan kolega yang membantu meningkatkan hubungan.

2. Ubah proses berpikir

Mengubah pola pikir dapat berdampak positif pada aktivitas Anda sehari-hari. Saat memilih film untuk ditonton, pilihlah kisah-kisah yang menggembirakan, bahagia, dan bukan emosional. Musikal seperti Mumma Mia dan The Greatest Showman akan mendorong Anda untuk bergabung dengan bernyanyi, sementara juga merasa seolah-olah Anda adalah bagian dari musikal.

Serial komedi juga dapat mengangkat suasana hati Anda setelah hari yang sulit di tempat kerja. Ketika bangun di pagi hari, mulailah hari Anda dengan mendengarkan stasiun radio favorit Anda, ini akan langsung mengangkat semangat Anda dan membantu Anda bersiap-siap untuk hari yang akan datang. Ini akan membantu memulai hari Anda dengan awal yang positif, meningkatkan suasana hati Anda siap untuk mengatasi masalah yang mungkin Anda temui.

Yang paling penting, menjauh dari kegiatan biasa yang dapat membuat Anda merasa tidak termotivasi atau terasing, alih-alih menempatkan fokus Anda ke dalam tugas yang Anda tahu akan membantu Anda merasa lebih positif.

3. Terhubung dengan orang lain

Pergi ke acara-acara yang dihadiri banyak orang, dapat memberi Anda dorongan menghindari rasa kesepian! Mulai dari acara paling dasar seperti festival, hingga acara kerja yang lebih serius, berada di dalam dan di sekitar orang lain dan memiliki kesempatan untuk membuat percakapan akan membantu untuk merasakan bagian dari sesuatu yang lebih besar. Menciptakan hubungan baru dan membangun kelompok teman potensial baru akan membuat Anda merasa lebih baik.

4. Menjadi bagian dari tim

Merasa menjadi bagian dari sebuah tim, serta bertemu orang-orang secara teratur akan membantu Anda mendapatkan teman baru dan bersosialisasi dengan orang-orang yang memiliki kecenderungan serupa. Bergabung dengan tim baru pada awalnya bisa menakutkan, tetapi setelah beberapa minggu berkenalan dengan orang-orang Anda bahkan mungkin menemukan diri Anda dengan teman-teman baru yang Anda rasa Anda kenal selamanya.

Mengambil langkah berikutnya untuk bersosialisasi dengan orang-orang ini di luar kenyamanan hobi baru Anda bisa menjadi hal yang Anda lewatkan, yang mengarah ke versi diri Anda yang lebih bahagia dan lebih puas.

5. Ekspresikan diri Anda

Dengan terciptanya internet, menjadi lebih mudah untuk terhubung dengan orang lain. Menggunakan media sosial, menulis blog, atau bahkan mengobrol dengan orang-orang yang tetap bulat adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan pikiran Anda.

Sebuah blog atau situs web pribadi di mana Anda tidak menunjukkan identitas Anda dapat memungkinkan Anda untuk menulis tentang perasaan Anda tanpa khawatir tentang orang yang tahu siapa Anda. Ada juga kemungkinan menghasilkan uang dari blog Anda jika itu menjadi hit.

Membagikan pengalaman serupa kepada orang lain bisa menjadi kunci untuk membantu orang-orang di sekitar Anda, yang juga ingin mulai membawa lebih banyak perubahan positif ke dalam kehidupan mereka.

Sumber : Bisnis.com/femalefirst.co.uk