Advertisement

Jika Tak Ingin Minum Obat, Ini Cara Alami Membasmi Flu dalam 24 Jam

Mia Chitra Dinisari
Senin, 18 November 2019 - 12:27 WIB
Nina Atmasari
Jika Tak Ingin Minum Obat, Ini Cara Alami Membasmi Flu dalam 24 Jam Ilustrasi - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Musim hujan sudah datang. Flu, pilek dan batuk adalah penyakit yang umum terjadi pada semua orang pada musim ini.

Meskipun kesannya sepele, namun jika tidak diobati dengan benar, penyakit yang satu ini bisa sangat mengganggu aktivitas, atau bahkan bisa menimbulkan penyakit lainnya.

Advertisement

Para ahli mengatakan bahwa mengobati gejalanya cukup dini dapat menghilangkan flu sebelum menyerang kita lebih berat lagi.

Mereka memberikan tips utama tentang apa yang harus Anda lakukan di pagi, siang dan sore hari untuk mengatasi gejala munculnya flu itu dalam 24 jam saja.

Pagi hari

Profesor Ron Eccles, seorang pakar flu dan emeritus demam dan-flu di Universitas Cardiff, mengatakan memulai hari dengan mandi air panas dapat 'melonggarkan sekresi' di hidung kita karena uap membantu menghilangkan sinus yang tersumbat.

Air hangat juga dapat meredakan nyeri pada anggota badan yang sering kita alami ketika kita jatuh sakit.

Selanjutnya, dosis vitamin C dengan memasukkan jeruk atau kiwi dalam sarapan Anda, atau juga mengonsumsi buah segar dengan bubur.

Kabar buruk bagi penggemar minuman panas adalah teh dan kopi harus menjadi minuman terakhir yang Anda raih, dengan ahli gizi Amanda Ursell menjelaskan kandungan kafein dari minuman tersebut dapat membuat Anda lebih dehidrasi. Jadi sebaiknya konsumsilah jus jeruk sebagai gantinya.

Ahli terapi nutrisi, Julie Silver, juga merekomendasikan penggunaan inhaler yang dirancang untuk membantu meningkatkan sistem pernapasan untuk meredakan batuk dan bersin.

Sore Hari

Ahli gizi Dr Sarah Brewer merekomendasikan tetap di dalam dan tetap hangat jika Anda merasa pilek datang. "Jika hidung menjadi terlalu dingin, sistem kekebalan ini tidak berfungsi dengan baik, jadi Anda lebih rentan terhadap infeksi," jelasnya.

"Tetap di dalam rumah juga membatasi penyebaran infeksi. Jika kamu harus keluar, kenakan syal di hidungmu agar tetap hangat dan, jika perlu, gunakan semprotan pelembab hidung."

Dia juga menyarankan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak air untuk mengalahkan perasaan gatal yang berkembang di belakang tenggorokan kita ketika suhu turun. Alkohol dapat membuat Anda dehidrasi lebih jauh sehingga yang terbaik adalah menjauhi minuman keras. Ahli gizi Amanda merekomendasikan mengudap kacang, karena mengandung selenium yang mendukung sistem kekebalan tubuh kita.

Malam hari

Flu adalah momen yang tepat untuk mengonsumsi makanan hangat berkuah seperti sup dan kari.

Amanda mengatakan rempah-rempah panas dapat mengiritasi lapisan hidung Anda, membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan dan membantu Andai merasa 'langsung' lebih baik.

Dalam hal pengobatan, spesialis THT Adam merekomendasikan kombinasi parasetamol dan ibuprofen, mengikuti anjuran dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com/mirror.co.uk

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantah Ada Kisruh Internal Soal Penetapan Caleg Terpilih, PDI Perjuangan Sleman: Kami Solid

Sleman
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement