Advertisement

Media Audio Masih Dibutuhkan untuk Anak Usia Dini di Era 4.0

Sunartono
Rabu, 20 November 2019 - 12:57 WIB
Nina Atmasari
Media Audio Masih Dibutuhkan untuk Anak Usia Dini di Era 4.0 Kegiatan seminar tentang Pemanfaatan Media Audio Pembelajafan untuk PAUD di BP PAUD dan Dikmas DIY, Rabu (20/11/2019). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pesatnya perkembangan teknologi di era industri 4.0 ini membuat anak di semua umur mampu menguasai teknologi dengan cepat. Namun media audio dinilai paling cocok dan dibutuhkan dalam upaya mendidik anak usia dini.

Pamong Belajar Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas DIY Marsono mengatakan bagi pendidik dan tenaga kependidikan media sangat dibutuhkan. Apalagi sebagian besar lembaga PAUD sebenarnya butuh media pembelajaran berbasis teknologi. Hanya saja ada keterbatasan media, sehingga saat ini banyak proses pembelajaran di PAUD yang menggunakan cara konvensional seperti alat peraga dengan jumlah sangat terbatas.

Advertisement

"Pemanfaatan teknologi untuk media pembelajaran ini masih sangat kurang, sehingga perlu ditingkatkan untuk penggunaan media berbasis teknologi," terangnya dalam seminar Sinergitas Pemanfaatan Media Audio Pembelajafan untuk PAUD di BP PAUD dan Dikmas DIY, Rabu (20/11/2019).

Di sisi lain, kata dia, setiap anak memiliki tingkat penyerapan informasi pembelajaran yang berbeda. Ada beberapa anak yang lebih bisa menerima melalui media audio atau sebaliknya dengan cara visual saja. Oleh karena itu, di tengah pesatnya penggunaan teknologi maka audio tetap sesuai untuk pembelajaran anak usia dini. "Kalau anak yang tipenya visual kurang cocok dengan media yang hanya audia saja, tetapi baiknya harus ada visual dan audio," ujarnya.

Pertemuan ilmiah itu diikuti lebih dari 100 tenaga pendidik PAUD dari berbagai kabupaten dan kota di DIY serta beberapa kota lain di Indonesia seperti, Semarang hingga Batam. Marsono berharap melalui pelatihan itu, informasi tentang media audio bisa memberikan manfaat bagi tenaga pendidik PAUD sehingga bisa menerapkan ke dalam proses pembelajaran.

"Media audio juga tetap di butuhkan di era saat ini, karena untuk memberikan layanan kepada peserta didik tidak cukup dengan satu media saja," katanya.

Narasumber dari Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan DIY Sunarto menyampaikan banyak alasan media audio tetap dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran di era saat ini. Antara lain, karena media audio praktis, murah serta mudah diterapkan, selain itu budaya indonesia adalah budaya bertutur.

Selain itu audio bisa dikemas sebagai teknologi untuk kepentingan hidup. Alasan lain, bahwa komunikasi verbal dan pendengaran mengambil sebagian besar porsi waktu kerja orang dewasa sehingga audio menjadi solusi. Kemudian audio juga mampu menciptakan imajinasi dan menumbuhkan karakter anak.

"Sehingga kalau ada pertanyaan, apakah relevan di era serba internet ini menggunakan media audio, hari gini masih pakai audio, kami menilai audio masih cocok, terutama untuk anak usia dini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Susunan Pemain dan Head to Head PSS Sleman vs Dewa United

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement