Advertisement

Memanfaatkan Bawang merah untuk Lawan Pilek dan Batuk

Newswire
Selasa, 26 November 2019 - 10:47 WIB
Nina Atmasari
Memanfaatkan Bawang merah untuk Lawan Pilek dan Batuk Bawang merah - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA  - Di musim hujan, tubuh rentan terhadap ancaman sejumlah penyakit, seperti pilek dan batuk. Kesehatan Anda tergantung pada berbagai faktor dan sebagian besar berhubungan dengan nutrisi. Konsumsi sayuran salah satunya bawang merah bisa ampuh melawan pilek dan batuk.

Seperti dilansir Indian Express, bawang diketahui memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik dan anti-bakteri. Secara alami, sayuran ini bagus untuk musim dingin, karena mereka melawan pilek, batuk, sakit telinga, demam dan beberapa masalah kulit.

Advertisement

Bawang juga bisa memberikan panas di dalam tubuh, memberi Anda perasaan hangat dan menjaga kebersihan mulut.

Mengunyah bawang mentah bisa membantu Anda menyeimbangkan rasa di dalam mulut dan mengurangi risiko penyakit mulut, termasuk infeksi gusi.

Konsumsi bawang merah juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

Sebuah penelitian pada tahun 2008 dan 2014, pada lebih dari 600 wanita di Puerto Rico menunjukkan, mereka yang makan lebih dari satu porsi bawang dan 'sofrito' bawang putih - saus yang populer di wilayah Amerika Latin - sehari, 67 persen lebih rendah risiko terkena kanker payudara.

Bawang juga berperan untuk kesehatan usus. Sayuran itu punya sumber serat dan pra-biotik (jenis serat yang tidak dapat dicerna yang diuraikan oleh bakteri usus yang baik), yang sangat penting untuk kesehatan usus.

Para ahli mengatakan, diet yang kaya pra-biotik, juga dapat membantu tubuh meningkatkan penyerapan kalsium, yang bagus untuk tulang.

Bawang juga rendah kalori sehingga jika Anda merasa terlalu malas untuk berolahraga di cuaca dingin, Anda bisa tinggal di rumah dan memakan bawang.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement