Ibu Hamil Sering yang Sering Mendengkur Bisa Membahayakan Bayi

Ibu hamil - Antara
03 Desember 2019 10:27 WIB Ria Theresia Situmorang Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Ibu hamil harus sangat menjaga dan memperhatikan kehamilannya. Hati-hati bagi Anda ibu hamil yang sering mendengkur selama masa kehamilan. Penelitian menyebutkan hal ini bisa menjadi pertanda bahaya bagi kesehatan bayi Anda.

Dikutip dari Times of India, peneliti dari University of Michigan menrekrut 1.673 wanita hamil selama tiga semester pertamanya, dan 35 persen di antaranya memiliki kebiasaan mendengkur.

Catatan medis menemukan, ibu yang mendengkur lebih dari tiga malam dalam seminggu memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami proses lahiran yang buruk, termasuk proses lahiran caesar hingga melahirkan bayi yang ukurannya lebih kecil.

Banyak wanita hamil diketahui mulai mendengkur selama kehamilan karena kelebihan berat badan, ketidakseimbangan hormon dan retensi cairan. Tetapi ibu hamil yang memiliki riwayat mendengkur kronis bisa jadi melahirkan bayi 10 persen lebih rendah bobotnya dibanding ibu hamil lainnya yang tidak mendengkur.

Pada wanita yang tidak hamil, mendengkur dapat menyebabkan peradangan yang berbahaya bagi sistem kardiovaskular.

Meski belum cukup banyak bukti, mendengkur juga bisa menyebabkan peradangan aliran darah menuju plasenta sehingga nutrisi menjadi terhambat sampai kepada bayi yang berada dalam kandungan. Hal ini yang akhirnya membuat pertumbuhan si kecil menjadi lambat.

Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil diharapkan tidur dengan posisi yang benar, selain dari mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur. Jika kebiasaan mendengkur terus terjadi, jangan lupa untuk mengkonsultasikan hal ini kepada dokter kandungan.

Sumber : Bisnis.com